Breaking News:

Sambut Hari Buruh, Disnakertrans Jabar Lakukan Hal Ini, Pastikan Perusahaan Bayar THR Sesuai Aturan

Disnakertrans Jabar bersama dinas ketenagakerjaan di tingkat kabupaten dan kota di Jawa Barat menggelar rangkaian kegiatan menyambut Hari Buruh

Disnakertrans Jabar bersama dinas ketenagakerjaan di tingkat kabupaten dan kota di Jawa Barat menggelar rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Buruh Sedunia 2021. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat (Disnakertrans Jabar) bersama dinas ketenagakerjaan di tingkat kabupaten dan kota di Jawa Barat menggelar rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Buruh Sedunia 2021.

Peringatan kali ini difokuskan untuk para pekerja atau buruh yang terdampak Covid-19.

Kepala Disnakertrans Jabar, Rachmat Taufik Garsadi, mengatakan contohnya dinas yang membidangi tenaga kerja di kabupaten dan kota se-Jawa Barat telah melakukan berbagai kegiatan bersama dengan Serikat Pekerja atau Serikat Buruh, di antaranya kegiatan buka puasa bersama dan sunatan massal. 

Baca juga: Disnaker Kota Sukabumi Dirikan Pos Layanan Pengaduan THR bagi Buruh dan Karyawan

Taufik mengatakan bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Barat serta perusahaan, juga dilaksakan pelatihan tata boga mulai tanggal 28 April sampai 1 Mei 2021. Digelar juga program kepesertaan KB.

Rachmat mengatakan kemudian digelar juga pemberian vaksin Covid-19 bagi para pengurus serikat pekerja.

Berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat, pihaknya membagian beasiswa untuk realisasi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) kepada ahli waris pekerja/buruh yang bersangkutan di Jawa Barat.

Selanjutnya, katanya, pemberian beasiswa kepada 3.149 orang mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi.

Baca juga: Aliansi Buruh Jawa Barat Tuntut Perusahaan Bayar THR Penuh, Jangan Dicicil

Berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat, dilakukan juga pembagian sembako sebanyak 1.800 paket yang disebar di setiap Kantor BPJS Ketenagakerjaan kabupaten/kota untuk para pekerja atau buruh pada 1 Mei 2021.

"Kemudian kami melakukan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) secara simbolis diwakili oleh PT Feng Tay Indonesia, PT Crevis Tex Jaya, dan PT Ceres untuk para pekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Rachmat di kantor dinasnya, Jumat (30/4).

Rachmat dalam kesempatan tersebut memastikan sebagian besar perusahaan di Jawa Barat membayar THR sesuai peraturan pada tahun ini.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved