40 Tahun Berstatus Institut, Tahun Pertama Ikopin University Terima Mahasiswa Ada Tambahan Fakultas

Ikopin University menerima mahasiswa baru 2022-2023 dalam statusnya yang baru sebagai universitas. Sebelumnya selama 40 tahun perguruan tinggi bidang

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Ikopin University, Eri Supriadi (kanan), bersama Heri Nugraha, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Ikopin University saat diwawancara TribunJabar.id, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Ikopin University menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023 dalam statusnya yang baru sebagai universitas. Sebelumnya, selama 40 tahun perguruan tingggi di bidang koperasi ini berstatus institut.

"Mulai tahun ini, Ikopin University mempelopori gerakan pengembangan koperasi dari sisi sains dan tekhnologi," kata Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Ikopin University, Eri Supriadi kepada TribunJabar.id, Kamis (22/9/2022).

Eri mengatakan bahwa fakultas yang dipimpinnya kini merupakan fakutas baru dengan tiga program studi di dalamnya.

Ketiganya adalah Agribisnis, Sains Data, dan Teknologi Pangan.

"Kami berharap ini bisa menjadi besar dan bermanfaat bagi ekonomi kerakyatan. UMKM lebih berkembang dengan keberadaan koperasi, dengan keberadaan kami," kata Eri.

Baca juga: Penguasaan Ekonomi Timpang, Rektor Ikopin University Sebut Koperasi Bisa Menjadi Solusi

Menurutnya, koperasi yang selama ini dikembangkan di Indonesia sudah waktunya diberi sentuhan sains dan teknologi supaya lebih berkembang dan besar.

Saat ini, mahasiswa baru Ikopin University sekitar 500 mahasiswa. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Kepulauan Aru di Maluku, hingga Papua.

Heri Nugraha, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis Ikopin University mengatakan jumlah tersebut memang menurun dari penerimaan mahasiswa sebelumnya. Namun penurunan tidaklah signifikan.

"Kami imbangi dengan meng-hire mahasiswa-mahasiwa unggulan," katanya di tempat yang sama.

Baca juga: Grand Launching Ikopin University Dalam Momen Peringatan Hari Koperasi Nasional

Mereka adalah orang-orang yang berada di sekitar kampus Ikopin University dan telah bekerja di pabrik-pabrik namun belum menempuh jenjang D3 atau S1.

"Kami ingin menanamkan jiwa koperasi kepada mereka. Saya rasa dengan status baru sebagai universitas, Ikopin menjadi jalan baru untuk Indonesia yang lebih baik," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved