Breaking News:

Apa Itu Rhinitis Alergi? Perlu Diperhatikan Saat Pandemi Covid-19, Sering Pilek dan Bersin-bersin

Bila rhinitis alergi tidak mendapatkan perawatan dengan benar maka akan mengganggu aspek kognitif penderita,

Editor: Siti Fatimah
WEB
PILEK2 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah memutuskan kembali memperpanjang PPKM meski sejumlah kasus Covid-19 di daerah mulai menurun. Aturan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona virus yang masih terjadi.

Karena itu, diingatkan kembali agar masyarakat bila tidak ada keperluan mendesak atau penting untuk tetap di rumah dan menjaga kesehatan.

Terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit.

Dikutip dari laman resmi Unair, selama pandemi Covid-19 berlangsung, masyarakat semakin takut dan enggan untuk mengunjungi rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya.

Baca juga: 3 Buah Ini Bisa Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh, Cegah Flu, Pilek, hingga Infeksi Virus Berbahaya

Tidak sedikit pasien dengan penyakit kronis seperti rhinitis alergi menunda perawatan mereka di rumah sakit.

Hal ini tentunya akan semakin memperburuk kondisi kesehatan mereka.

Melihat hal tersebut, penting bagi penderita rhinitis alergi untuk dapat melakukan perawatan mandiri di rumah guna menstimulasi daya tahan tubuh sehingga dapat menekan pertumbuhan sel alergi.

dr. Rosa Falerina, Sp.THT-KL, Dosen Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK UNAIR) menyampaikan bila rhinitis alergi tidak mendapatkan perawatan dengan benar maka akan mengganggu aspek kognitif penderita, sehingga mereka tidak dapat menjalankan fungsinya baik dalam pekerjaan maupun pendidikan.

“Rhinitis alergi bila derajatnya sedang hingga berat itu bisa mengganggu sekolah atau kerja. Maka dari itu penderita rhinitis sering marah dan kesal karena penyakitnya yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari,” jelas dosen asal Surabaya itu.

Selanjutnya, dosen yang akrab dipanggil Rosa itu mengemukakan, orang dengan rhnitis alergi sering mengalami pilek pada pagi atau sore hari terutama apabila sedang terpapar dengan penyebab alergi seperti debu dan bulu binatang.

Baca juga: Alami Batuk dan Pilek Lalu Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Kosong, Pria Ini Ditemukan Meninggal

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved