Breaking News:

Kepala Pusing Akibat Cuaca Panas, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ternyata dalam dunia medis hal ini dibenarkan bisa terjadi, temperatur tinggi atau cuaca panas dapat menyebabkan tubuh bereaksi, salah satunya pusing

Editor: Siti Fatimah
shutterstock
Illustrasi. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah wilayah di Indonesia masih mengalami musim kemarau yan membuat cuaca juga menjadi panas dan udara terasa kering.

Kondisi ini membuat orang terkadang malas untuk beraktivitas di luar ruangan.

Terlebih cuaca panas sering membuat orang mendadak pening, pusing atau sakit kepala.

Cuaca Panas, Ini Tips Agar Tetap Bugar Saat Bekerja di Luar Ruangan,

Dikutip TribunJabar.Id dari Kompas.Com, pusing yang timbul akibat panas misalnya di bagian pelipis kanan dan kiri, atau di bagian kepala belakang.

Ternyata dalam dunia medis hal ini dibenarkan bisa terjadi, temperatur yang tinggi atau cuaca yang panas dapat menyebabkan tubuh kita bereaksi, salah satunya pusing.

Terdapat beberapa hal yang bisa memicu potensi pusing saat kita berada di bawah terik matahari, misalnya dehidrasi atau kekurangan cairan, polusi udara, dan kelelahan.

Kompres Bisa Redakan Migrain, Ini Cara Lain Obati Sakit Kepala Migrain

Lalu bagaimana sebenarnya paparan panas yang diterima tubuh bisa membuat kita merasakan sakit kepala, baik sebagian atau migrain maupun menyeluruh?

Sakit kepala yang muncul bukan karena disebabkan oleh panas yang terjadi, namun lebih disebabkan oleh cara tubuh Anda merespons panas itu.

Penyebab lain yang membuat kita merasakan pusing saat cuaca panas adalah karena tubuh mengalami dehidrasi.

Saat tubuh terpapar temperatur tinggi, dia membutuhkan air yang lebih banyak untuk menjaga cadangan air dalam tubuh setelah banyak terbuang dalam bentuk keringat.

Sering Sakit Kepala? Coba Cek, Mungkin Anda Sering Konsumsi 5 Makanan Ini

Halaman
12
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved