Breaking News:

Cerpen

Mulut yang Tidak Konsisten

SEBAGAI anggota Satpol PP, Rudi harus bergelut dengan beragam masalah, mulai pedagang kaki lima, prostitusi, anak jalanan, penyegelan, dan lain-lain.

Editor: Hermawan Aksan
Ilustrasi Cerpen Ketua Klub Gosip 

Oleh Dedi Tarhedi

SEBAGAI anggota Satpol PP, Rudi harus bergelut dengan beragam masalah, mulai dari pedagang kaki lima, prostitusi, anak jalanan, penyegelan, dan lain-lain.

Awalnya Rudi senang-senang saja menerima semua perintah atasannya. Tapi kemudian mulai terasa mengkhawatirkan. Ada ketidakkonsistenan antara ucapan atasannya dengan fakta di lapangan. Dan ini sering menjadi konflik intern sesama anggota Pol PP.

"Harus berani. Tugas kita memang menegakkan perda!" begitu atasannya selalu bicara.

Tapi seringkali atasannya meralat ucapan dan perintah yang sudah diberikan.

Rudi merasa sering dibenturkan dengan nuraninya sendiri. Termasuk untuk kegiatan beberapa hari ke depan. Dia harus menutup salah satu minimarket yang sudah beroperasi, padahal belum mengantongi izin lengkap.

"Pemiliknya bandel, Dan," lapor Rudi kepada atasannya. Lalu dia kemukakan perlunya pendekatan lain untuk menghadapi minimarket yang ini.

"Saya melihat resistensinya besar. Jadi, saran saya untuk hati-hati. Bukan tidak perlu disegel, tapi ada hal lain yang harus dibenahi sebelum penyegelan. Ini sekadar masukan saja, Dan. Ini kasusnya beda dengan minimarket lain," kata Rudi lagi.

Tapi atasannya yang dipanggil komandan itu tidak menerima sarannya. "Kita bergerak seperti biasa. Itu saja!" potong atasannya.

Dan besok Rudi harus berhadapan dengan sejumlah LSM yang pasti mengadangnya melakukan penyegelan itu. Yang dia inginkan, mengundang mereka dan mendengarkan pendapat mereka dulu. Sebab konon, mereka sedang membantu mengurus beberapa rekomendasi ke dinas terkait. Dan ada keterlambatan dari salah satu dinas yang mengeluarkan rekomendasi lingkungan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved