Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa : Mari Lakukan yang Terbaik Seolah Bagi Tuhan

Petrus Adamsantosa mengatakan bahwa tim YKKJRK dan Kogartap II/ Bandung tetap semangat menelusuri jalan-jalan Kota Bandung melaksanakan Baksos rutin

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: Dedy Herdiana
Istimewa
Tim Garnisun Tap ll/ Bandung membagikan paket sembako, bantuan dari YKKJRK, kepada para pemulung di salah satu jalan Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - "Merdeka yang lengkap bagi kami adalah bisa saling membagi dan merasakan nikmat yang sama. Tidak setiap hari mengenyangkan memang, tetapi apa yang kami berikan bisa dikenang sepanjang hari. Senyum yang kami lihat adalah harta mereka yang paling jujur."

Itulah sebaris kalimat yang terucap dari Ketua Yayasan Kebhinekaan Kesatuan Jiwa Raga Kami ( YKKJRK), Petrus Adamsantosa, terkait bakti sosial ( baksos) yang selalu digelar rutin satu minggu dua kali (dua hari) bersama tim Javaretro dan Garnisun Tap II/Bandung.

Petrus Adamsantosa mengatakan bahwa kegembiraan perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia yang masih terasa hangat di tengah pandemi Covid-19, tidak menyurutkan semangat tim dari YKKJRK dan Kogartap II/ Bandung untuk kembali menelusuri jalan-jalan Kota Bandung melaksanakan Baksos rutin yang dibantu oleh tim Javaretro.

Video Viral, Antrean Mengular Orang Mau Cerai di PA Bandung, yang Antre Sidang Hampir Seribu Orang

Cek Protokol Kesehatan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Jatiwangi Datangi Sejumlah Sekolah

700 Warga Cianjur Dihukum Menyapu dan Push Up, Razia Besar-Besaran Warga Tak Pakai Masker

Seperti biasa, baksos ini membagikan sebanyak 200 paket berisikan paket makan siang beserta boks makan, gelas minum, masker dan paket sembako yang terdiri dari beras, gula, dan sayuran tomat. Baksos di bagi menjadi 2 hari yaitu Minggu dan Senin (23-24/8/2020).

Hari pertama, Minggu, tim baksos mulai bergerak dengan 120 paket yang dibagikan oleh 2 tim yaitu Tim Javaretro di sepanjang jalan Kota Bandung meliputi wilayah Antapani, Sukamiskin, BKR, Pasar Baru, Kebon Kelapa, Sukaraja, Kosambi, Asia Afrika, Otista, Cicahem, hingga Cikutra.

Sedangkan tim kedua dibantu oleh Tim Garnisun bergerak di sepanjang jalan yang meliputi wilayah Pasteur, Gedung Sate, Taman Cilaki, Gunung Batu, Jalan Aceh, dan Jalan Nias.

YKKJRK Tak Henti-henti Memberikan Uluran Tangan Kepada Masyarakat Tidak Mampu

Hakekat Bersyukur Adalah Memberi dan Berbagi, Javaretro Hotel Tiada Henti Tunjukkan Kepedulian

Hari kedua, Senin, sebanyak 80 paket dibagikan untuk anak dan orang tua asuh yang berada di penampungan daerah Cipedes (30 paket), Permata (30 paket), dan pembagian kepada penyandang disabilitas di SLB Gunung Batu (20 paket) yang di koordinatori oleh Restu.

"Tidak sampai di pembagian sembako saja, kami juga membuat sesi untuk mendengarkan dan bercerita dengan anak dan orang tua, melihat kondisi rumah, lingkungan dan perkembangan anak-anak mereka yang harus hidup di lingkungan yang jauh dari kata layak anak tetapi semua berjalan dengan sederhana.

Mereka bisa belajar di dalam rumah dengan tempat seadanya, masih bisa berteduh dan menjalani hidup yang seadanya dengan selalu berdampingan dengan atap yang bocor, air di teras tanah yang berenang, bahkan tempat tidur pun satu dengan yang lainnya.

Namun demikian, selalu terlihat rona bahagia dan semangat di wajah mereka, begitupun anak-anak yang sangat antusias membuka paket makan dengan lahapnya," ujar Adam.

Baksos Javaretro Hotel Menabur Benih Kebaikan di Tengah Pandemi

Ada dan Tak Ada Pandemi, Baksos YKKJRK Rutin Digelar Demi Meringankan Beban Sesama

Melihat wajah-wajah semringah dan bahagia setiap membagikan paket baksos, Adam mengaku selalu rindu dan sangat tidak sabar dengan minggu selanjutnya untuk selalu memberikan banyak kejutan dan kebahagian yang akan mereka temui dan tentunya tersalurkan juga kepada temen-teman pembaca.

"Mari lakukan yang terbaik seolah bagi Tuhan. Semoga di minggu besok dan selanjutnya kami semua mendapatkan berkat rezeki yang cukup, yang tentunya bisa membuat banyak orang turut merasakanya juga bisa membuat kami terus berbagi," harap Adam. (adv/kemal setia permana)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved