Breaking News:

YKKJRK Tak Henti-henti Memberikan Uluran Tangan Kepada Masyarakat Tidak Mampu

YKKJRK tak henti-henti memberikan uluran tangan kepada masyarakat tidak mampu. Gelar baksos di momen 17-an.

Penulis: Kemal Setia Permana | Editor: taufik ismail

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bakti sosial (baksos) rutin Yayasan Kebhinekaan Kesatuan Jiwa Raga Kami (YKKJRK) kali ini digelar bertepatan dengan peringatan HUT ke-75 Indonesia.

Untuk itu pada kegiatan baksos ini tim menyelipkan tema kemerdekaan dan tidak mengesampingkan kesehatan dengan memberikan masker merah putih dengan motif garuda.

Hal ini terkait dengan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah selama adaptasi kebiasaan baru.

Baksos diselenggarakan selama 2 hari. Minggu dan Senin (16-17/8/2020) dengan memberikan bantuan berupa 200 paket sembako yang berisikan beras, gula, serta paket makan siang berupa nasi putih, telur, dan sayuran, lengkap dengan minuman yang sengaja ditempatkan di wadah plastik agar bisa digunakan kembali di kemudian hari.

"Tak lupa kami memberikan masker karena sangat penting bagi keseharian mereka. Selama ini, tentunya mereka lebih mementingkan pemenuhan kebutuhan dasar terlebih dahulu. Kami dari yayasan merasa di sinilah peran kami memperhatikan hal-hal kecil namun penting, sambil menumbuhkan juga rasa cinta pada negeri di hari ultah ke-75 ini," ujar Ketua YKKJRK, Petrus Adamsantosa di sela baksos.

Hari pertama, Minggu, tim menyebarkan 100 paket yang dibagi oleh 2 tim.

Tim pertama, Tim Javaretro, melakukan pembagian di wilayah Sukamiskin, Antapani, Jalan Jakarta, Cicaheum, serta Kosambi.

Tim kedua dibantu oleh Tim Garnisun Ta II/Bandung melakukan pembagian di wilayah Jalan Jawa, Jalan Sumatera, serta Jalan Riau. Hari berikutnya, selain pembagian random sepanjang jalan Kota Bandung, pembagian difokuskan kepada anak asuh yang berada di penampungan pemulung area Cipedes ( 30 paket), area Permata ( 30 paket), dan pembagian kepada penyandang disabilitas di SLB Gunungbatu ( 20 paket) yang dikoordinatori Restu.

"Dengan semangat 45 kami tajamkan pengelihatan sembari menelusuri sepanjang jalan Bandung agar tidak ada sasaran yang terlewat. Kami tak ingin terlewatkan sedikitpun rona bahagia penerima bantuan. Sungguh bahagia bukan hanya tentang diri sendiri melainkan kita ikut andil atas kebahagian orang lain. Negara kita memang sudah merdeka tetapi masyarakatnya belum semua merdeka secara ekonomi. Bantuan kecil seperti ini diharapkan dapat meringankan sedikit beban masyarakat kecil agar lebih sejahtera," tutur Adam.

Menurut Adam, pihaknya juga memberi makan dan minum dalam peralatan plastik dalam setiap baksos setiap minggu agar kebutuhan alat makan yang higienis akan sedikit terpenuhi, walau masih jauh dari ideal. Dia sepenuhnya menyadari aksi ini masih jauh dari sempurna tentunya.

Akan sangat sulit bagi mereka untuk mencuci tangan sebelum makan di tengah aktivitas mereka sehari hari yang 24 jam berada di luar. Padahal di era pandemi ini kebersihan menjadi suatu hal yang layak diperjuangkan oleh setiap orang.

"Kami menyadari kemampuan kami terbatas oleh karena itu kami dari YKKJRK dan Kogartap 2/Bandung berusaha melakukan hal-hal sederhana saja. Mudah mudahan pihak berwenang mengambil porsi yang besarnya. Ucapan terimakasih sebesar-besarnya saya ucapkan kepada komandan Kogartap 2/Bandung, Bapak Marsekal Pertama Embu Agapitus beserta Bapak Kolonel Rudy Pristiwawan dan seluruh jajarannya yang sudah setiap minggu dengan setia mendampingi aksi baksos sederhana kami," tutur Adam.

Ketua YKKJRK: Menabur Hal-hal Baik adalah Kewajiban Setiap Manusia

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved