Yuk Kenali Keluhan Saat Hamil Pertama, Berikut Cara Cegah Strecmark Pada Ibu Hamil

Bagi kaum wanita yuk kenali keluhan pada hamil pertama dan cara cegah Strecmark

Editor: Siti Fatimah
Shutterstock via Kompas.com
ilustrasi hamil 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kehamilan dapat menyebabkan perubahan pada fisik dan psikis ibu hamil dalam bentuk keluhan-keluhan. Dikutip dari laman resmi UGM, keluhan-keluhan tersebut dapat berbeda dari trimester pertama hingga trimester akhir.

Hal ini disampaikan oleh Dr. dr. Shinta Prawitasari, M.Kes., Sp.OG(K), Departemen Obstetri dan Ginekologi, FKKMK UGM), melalui Bincang Santai Raisa Radio pada Senin, (25/4).

“Perubahan itu sangat dibutuhkan bagi janin agar bisa tumbuh dengan baik, tapi di satu sisi memang kadang-kadang membuat tubuh tidak nyaman,” ujar Shinta.

Baca juga: Bacaan Doa-doa bagi Ibu Hamil agar Kandungan Dilindungi Allah dari Gangguan Jin, Persalinan Lancar

Shinta memaparkan keluhan pada trimester pertama berupa mual, muntah, tubuh lemas dan lelah, perubahan suasana hati dan peningkatan frekuensi berkemih.

Mual dan muntah pada ibu hamil disebabkan oleh adanya hormon kehamilan beta human chorionic gonadotropin (b-hCG).

Tubuh lemas dan lelah juga disebabkan karena adanya perubahan hormon kehamilan.

Sedangkan meningkatnya frekuensi berkemih dikarenakan ibu hamil memproduksi lebih banyak urine.

“Sering buang air kecil karena ginjal ibu hamil memproduksi urine lebih banyak. Aliran darah ke ginjal lebih banyak sehingga menyebabkan produksi urine lebih banyak. Ini bagian perubahan yang menguntungkan kepada janin. Buang air kecil lebih banyak dan cairan ibu lebih banyak,” katanya.

Baca juga: Ibu Hamil Ingin Tetap Berpuasa? Perhatikan Dua Hal Ini, Hindari Asupan Terlalu Manis

Keluhan pada trimester kedua menurut Sinta berupa bengkak pada kaki, gatal-gatal, dan beberapa bagian kulit di tubuh menghitam karena hormon kehamilan.

“Bengkak pada kaki ibu hamil disebabkan karena peningkatan cairan pada tubuh. Sedangkan gatal-gatal disebabkan karena karena ada bendungan pada kantung empedu, menyebabkan kadar bilirubin meningkat, sehingga menyebabkan gatal-gatal,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved