Breaking News:

Rehabiilitasi

Bukan Dipenjara, Ini Alasan Pecandu Narkoba Harus Direhabilitasi

Obat-obatan terlarang atau narkoba seperti lingkaran setan, pengguna akan sulit lepas dan akhirnya menjadi pecandu. Seringkali kita melihat para...

Editor: Dicky Fadiar Djuhud
TRIBUNNEWS
Illustrasi: Pusat Rehabilitasi narkoba BNN 

TRIBUNJABAR.ID - Obat-obatan terlarang atau narkoba seperti lingkaran setan, pengguna akan sulit lepas dan akhirnya menjadi pecandu. Seringkali kita melihat para pengguna obat terlarang ditangani dengan bui, padahal itu keliru.

Penanganan untuk pengguna maupun pecandu narkoba yang tepat adalah direhabilitasi, sebab mereka termasuk korban obat-obatan terlarang yang harus diselamatkan. Hal ini juga telah diatur dalam Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Peraturan Pemerinta No. 25 tahun 2011 tentang Pelaksanaan Wajib Lapor Pecandu Narkotika.

Berdasarkan UU tersebut, maka negara bertanggung jawab untuk memulihkan para pengguna narkoba melalui rehabilitasi. Maka, dari rehabilitas ini pecandu akan mendapatkan fasilitas pemulihan sehingga bisa lepas dari jeratan narkoba dan enggan memakainya lagi.

Baca juga: Coki Pardede akan Jalani Rehabilitasi, Polisi: Dia Ini Pengguna, Bisa Dikatakan Korban

Baca juga: Ardi Bakrie Dirujuk ke RS di Jakarta Usai Kecelakaan di Panti Rehabilitasi, Didampingi Nia Ramadhani

Badan Narkotika Nasional (BNN) Indonesia sendiri memiliki pusat rehabilitasi gratis bagi korban dan pemakai narkoba, yakni di Balai Besar Rehabilitasi Narkotika (BBRN) Jawa Barat. BNN memiliki enam balai besar rehabilitasi lima lainnya berada di Baddoka (Makassar, Sulsel), Tanah Merah (Samarinda, Kaltim), Loka (Lampung), Batam, dan Deli Serdang (Sumut).

Kapasitas balai rehabilitasi terbilang minim, hanya memuat 390 penghuni, sementara panti dibuka untuk umum dan pasien datang dari berbagai daerah. Bagi pemakai atau pecandu yang ingin sembuh namun juga mengedepankan kenyamanan, bisa beralih ke tempat rehabilitasi narkoba premium milik swasta dengan biaya mandiri atau pribadi.

Mengapa tempat rehabilitasi narkoba premium direkomendasikan?

Tempat rehabilitasi narkoba premium sangat memperhatikan pelayanan dan perawatan pada pasien dengan sangat detail. Perhatian utama rehabilitasi sosial, selain menyembuhkan adalah memperkuat fungsi sosial pengguna agar bisa melakukan fungsi sosialnya dan bisa kembali seperti sebelum mengonsumsi narkoba. Selain itu, memperkuat tanggung jawab sosial ketika kembali ke masyarakat.

Fasilitas yang diberikan oleh panti rehabilitasi narkoba premium pun lebih lengkap agar pasien tidak merasa bosan dan stres selama proses rehab. Biasanya terdapat fasilitas olahraga seperti spot gym dan kolam renang. Kamar yang ditinggali pun menyerupai hotel dengan fasilitas premium seperti bed king size, ac, wifi, tv, kamar mandi dengan water heater, jacuzzi, work space, di dalam kamar terdapat sofa dan meja tamu dan terdapat balkon depan kamar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved