Breaking News:

Dukung Pemulihan Ekonomi Jabar, Para Ekonomi Bersinergi dalam WJES, Percepat Transformasi Digital

Sinergi dan kolaborasi para ekonom ISEI memberikan pemikirannya untuk pemulihan ekonomi di Jawa Barat

Penulis: Putri Puspita Nilawati | Editor: Siti Fatimah
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto 

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG - Bank Indonesia Wilayah Jawa Barat (Jabar) bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Cabang Bandung Koordinator (Jabar) meluncurkan Regional Economist Forum (REF) Jabar.

REF merupakan wadah sinergi dan kolaborasi pentahelix untuk melahirkan pemikiran solutif bagi kemajuan ekonomi Jabar sekaligus kontribusi Jabar bagi Indonesia.

Peluncuran forum tersebut dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan “Kick Off West Java Economic Society (WJES) tahun 2021 & Road to Kongres ISEI XXI”.

Baca juga: Peduli Keselamatan Mitra Bisnis, KGMedia, KGX, dan Tribun Jabar Bagikan Masker dan Vitamin

Tahun kedua WJES mengangkat tema “Menguak Potensi Ekonomi, Mendorong Akselerasi Investasi dan Digitalisasi Guna Memajukan Inklusivitas Ekonomi Jawa Barat”.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto mengatakan, WJES merupakan wadah untuk berkontribusi dalam rangka mendorong kemajuan perekonomian Jabar.

Kontribusi tersebut dilakukan melalui dua hal.

Pertama, memberikan berbagai advisory dan rekomendasi kebijakan aplikatif kepada pemerintah daerah dan stakeholders utama lainnya.

Kedua, melalui berbagai keterlibatan langsung dalam berbagai bentuk dan level terhadap proyek pemberdayaan yang menyentuh langsung kehidupan perekonomian sektor riil dan masyarakat.

“Sinergi pentahelix WJES dapat menghasilkan berbagai bisnis model yang tidak hanya bersifat local community service (LCS) dalam mendukung kemandirian ekonomi masyarakat, namun juga membantu masyarakat  dan solusi bagi institusi bisnis dalam memperbaiki manajemen bisnisnya untuk membangun kemandirian ekonomi dan meningkatkan daya saing,” ujarnya pada acara yang diadakan secara virtual, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Bisa Jadi Ide Bisnis, Petani Milenial Burung Puyuh, Olah Kotoran Jadi Pakan Ternak dan Pupuk

Ia menambahkan dengan kompleksitas permasalahan ekonomi Jabar, berbagai bisnis model yang dihasilkan akan bisa menjadi percontohan tidak hanya dalam skala lokal, namun juga nasional dan global.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved