Breaking News:

Ini Tahapan yang Dialami Pasien Covid-19 di Hari ke-1 hingga ke-14 Menurut Ahli

Faheem Younus yang populer di Indonesia, menyebut ada tahapan yang akan dialami pasien COvid-19 dari hari pertama hingga hari ke-14.

Penulis: Mega Nugraha | Editor: Mega Nugraha
Freepik
ilustrasi - pasien Covid-19 bergejala ringan menjalani isolasi mandiri di rumah 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Kasus Covid-19 di Indonesia melonjak, berdampak pada tingginya keterisian tempat tidur di rumah sakit dan kelangkaan oksigen.

Selain itu, lonjakan kasus Covid-19 saat ini juga lebih banyak pasien yang bergejala dan akhirnya jalani isolasi mandiri (isoman).

Dengan kondisi seperti itu, perlu kiranya mengetahui apa yang akan dialami pasien Covid-19 dari hari pertama tertular hingga 14 hari.

Baca juga: Perlu Tahu, Begini Cara Merawat Pasien Covid-19 di Rumah saat Rumah Sakit Penuh

Dokter penyakit dalam dan penyakit menular Universitas Maryland, Faheem Younus yang populer di Indonesia, menyebut ada tahapan yang akan dialami pasien COvid-19 dari hari pertama hingga hari ke-14.

Hal itu dia ungkap di akun Twitternya yang centang biru.

"Garis Waktu COVID:
2 hari sebelum sakit: Virus terhirup.
2 hari sebelum sakit: Anda menular!.
Hari 0-5: Gejala pertama berkembang.
Hari 5-10: Gejala memburuk
Hari 11 dan seterusnya: Anda tidak menular. Akhiri isolasi
Hari 15: Sebagian besar pasien sembuh," kata Faheem Younus.

Menurut dia, setelah melewati 10 hari isolasi mandiri, pasien Covid-19 sebenarnya bisa saja tidak perlu melakukan tes ulang untuk memastikan sudah negatif dari virus corona.

"Kamar pasien dan kamar mandi terpisah. Amati isolasi ketat. Akhiri isolasi setelah 10 hari onset gejala. Jangan ulangi tes Covid karena dapat bertahan + selama berminggu-minggu tetapi pasien tidak menular lebih dari 10 hari

Dia juga berbagi tips soal apa yang harus dilakukan pasien Covid-19.

"Terdiagnosis COVID. Apa yang harus dilakukan selanjutnya?. Mengisolasi diri di rumah. Pakai masker di sekitar anggota keluarga. Obati demam/nyeri dengan parasetamol atau ibuprufen. Akhiri isolasi setelah 10 hari. Jangan ulangi tes covid. Dapatkan vaksinasi dalam 1-3 bulan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved