Breaking News:

Perlu Tahu, Begini Cara Merawat Pasien Covid-19 di Rumah saat Rumah Sakit Penuh

Untuk isolasi mandiri di rumah, pasien Covid-19 perlu pendamping untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Hal penting harus diperhatikan saat merawat pasien

Editor: Mega Nugraha
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Suasana Rusunawa UGJ di Desa Sampiran, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Kondisi keterisan tempat tidur di rumah sakit yang padat karena lonjakan kasus Covid-19 membuat banyak pasien Covid-19 isolasi mandiri (isoman) di rumah

Untuk isoman di rumah, pasien Covid-19 perlu pendamping untuk memenuhi kebutuhan tertentu seperti menyediakan makan hingga minum.

Sebelum menjalani isoman, pasien Covid-19 juga harus memastikan diri mendapat sejumlah obat yang diperlukan. Tugas pendamping ini memastikan pasien Covid-19 mengkonsumsinya.

Bagi pendamping yang menemani pasien Covid-19 isoman di rumah, perlu memperhatikan sejumlah hal. Salah satunya disampaikan dokter spesialis penyakit dalam dan penyakit menular dari Universitas Maryland, Faheem Younus lewat cuitannya yang disampaikan di Twitter centang birunya.

"Merawat anggota keluarga yang menderita covid di rumah. Pisahkan kamar, kamar mandi, handuk dan peralatan penderita dan tugaskan satu orang tersehat untuk merawat," kata Faheem Younus.

Perawat atau pendamping ini perlu. Tidak harus mendatangkan dan menggaji perawat profesional. Selama merawat pasien Covid-19, perlu menerapkan protol kesehatan ketat.

"Batasi durasi interaksi selama 2-3 menit. Baik yang merawat dan dirawat harus pakai masker. Akhiri isoman pada hari ke-10," katanya.

Kemudian, saat merawat pasien Covid-19 di rumah, pendamping ini selain harus selalu menggunakan masker, juga harus memperhatikan situasi udara.

Baca juga: Soal Vaksinasi Gotong Royong, Erick Thohir: Saya Pastikan Tidak Gunakan APB Atau Vaksin Hibah

"Tingkatkan ventilasi udara. Pakai handuk terpisah, buka jendela antara jeda pemakaian. Bersihkan permukaan di kamar mandi dan cuci tangan," kata Faheem Younus.

Selain tips dari Faheem Younus, simak juga tips merawat pasien Covid-19 di rumah dikutip dari Kontan.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved