Breaking News:

Ibadah Haji 2021 Ditunda

Sembilan Tahun Menunggu, Ibadah Haji 2021 Ditunda, Calon Haji asal Ciamis : Kami Ikhlas

Pemerintah Indonesia sudah mengambil keputusan ibadah haji 2021 ditunda lantaran pandemi Covid-19.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Mega Nugraha
AFP
Ibadah haji di tengah pandemi hanya diikuti 1.000 orang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Pemerintah Indonesia mengambil keputusan ibadah haji 2021 ditunda lantaran pandemi Covid-19.

Keputusan ibadah haji 2021 ditunda menuai reaksi beragam dari calon haji yang batal berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada musim haji 2021. Seperti dialami pasangan suami-istri, Uus Rusmana (58) dan Ny Herawati (40), warga Dusun Bojongsari Desa Dewasari Cijeungjing Kabupaten Ciamis.

Baca juga: Pejabat Pemkab Kuningan yang Jadi Calon Haji, Pasrah Ibadah Haji 2021 Ditunda

“Kami sudah mendengar informasi kalau ibadah haji 2021 ditunda seperti tahun lalu. Kami tidak kecewa. Kami ikhlas, karena naik haji itu undangan Ilahi. Ya harus ikhlas,” ujar Uus Rusmawan Tribun Jabar, Kamis (3/6/2021).

Kedua calon haji asal Ciamis ini sudah mendaftar untuk calon haji pada 2012 di Kantor Kemenag Ciamis. Tahun 2020 sudah melunasi biaya pelaksanaan ibadah haji (BPIH/ONH). Kedua calon haji ini terjadwal akan berangkat haji bersama 1.092 calon haji dari Ciamis untuk musim haji 2020.

Calon Haji asal Ciamis
Uus Rumawan (58) dan istri, warga Dusun Bojongsari Desa Dewasari Cijeungjing Ciamis untuk kedua kalinya gagal berangkat naik haji gara-gaar Covid (foto: Istimewa)

Baca juga: RESMI, Pemerintah Indonesia Batalkan Pemberangkatan Ibadah Haji Tahun Ini

Uus dan isteri bergabung dengan KBIH Al Hasan Ciamis bersama 140 orang calon haji lainnya.

Untuk musim haji tahun lalu, Uus sudah mempersiapkannya dengan matang. Tak hanya ONH yang sudah dilunasi, manasik dan bimbingan sudah diikuti. Bahkan seragam batik haji dan jas KBIH dibagikan.

“Koper dan tas pada tahun 2020 belum dibagikan. Untuk tahun 2021 ini juga belum. Yang ada pada tahun 2020, jas KBIH dan batik haji. Sekarang masih di simpan,” imbuh bapak tiga anak tersebut.

Baca juga: Dipanggil Komnas HAM soal Polemik TWK, Ini Kata Ketua KPK Firli Bahuri

Sampai Maret persiapan sudah sampai pemilihan ketua regu, tapi tiba-tiba wabah virus corona. April 2020 pemerintah memilih membatalkan pemberangkatan. Padahal tahun 2020 tinggal pembagian kloter dan jadwal pemberangkatan.

“Pada persiapan musim haji  2020 benar-benar sudah matang. Tinggal berangkat dan pembagian koper,” ujar Uus yang juga Kepala SMPN 1 Cijeungjing  Ciamis tersebut.

Baca juga: Mobil Angkutan Umum Terbakar di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya, Begini Kronologinya

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved