Breaking News:

Ramadan 1442 H

Asam Lambung Naik Saat Puasa, Coba Lakukan Hal Ini Saat Sahur

Asam lambung naik saat puasa mungkin harus diperhatikan asupan makanan saat sahur dan cara ini bisa cegah asam lambung naik

Ilustrasi asam lambung 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bagi penderita asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (Gerd) masih ada yang mengkhawatirkan bahkan kumat saat sedang menjalankan puasa.

Padahal sebenarnya penderita asam lambung akan baik-baik saja bila melaksanakan ibadah puasa.

Bila masih saja kumat atau muncul asam lambung, mungkin harus ada yang diubah dalam pola makan terutama saat sahur atau buka puasa.

Baca juga: IDI Minta DPR Tidak Ambil Alih Kerjaan BPOM Terkait Kontroversi Vaksin Nusantara

Berikut hal yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan agar asam lambung tidak kumat atau kambuh ketika sedang puasa agar bisa menjalankan ibadah lebih baik lagi di bulan Ramadan ini.

Dikutip dari IntisariOnline, tak bisa dipungkiri bahwa waktu sahur selama puasa Ramadhan ini sangatlah terbatas.

Keterbatasan waktu inilah yang membuat sebagian orang yang menjalankan puasa Ramadhan menjadi makan dengan terburu-buru.

Padahal,  pola makan yang terburu-buru ini sangat tidak dianjurkan pada penderita penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (Gerd).

Bagi mereka yang sering mengalami kenaikan asam lambung, ada beberapa tips yang bisa dilakukan pada waktu sahur, antara lain seperti berikut ini:

Baca juga: VIRAL DI MEDIA SOSIAL Video Kecelakaan saat Balapan Liar di Tasik Pembalap Ndelosor Nyaris Terlindas

1. Sahur lebih awal

Agar makanan tidak naik kembali dari lambung ke kerongkongan, maka disarankan agar penderita Gerd tidak boleh sampai kekenyangan.

Halaman
1234
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved