Breaking News:

Setiap Ramadan Jumlah Pengemis di Kota Bandung Meningkat, Ada yang Mengkoordinir, Ini Penyebabnya

Setiap memasuki bulan suci Ramadan jumlah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seperti pengemis di Kota Bandung selalu meningkat

medan.tribunnews.com
ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Setiap memasuki bulan suci Ramadan jumlah Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) seperti pengemis dan gelandangan di Kota Bandung selalu meningkat. 

Demikian dikatakan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bandung, Dadang Aziz Salim, saat ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa (13/4/2021). Dari hasil penjangkauan, kata dia, ada tren baru yang mendorong PKKS turun ke jalan. 

Dari beberapa yang berhasil dilakukan penjangkauan, kata dia, para gelandangan dan pengemis (gepeng) ini mengaku terpaksa turun ke jalan lantaran terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Baca juga: Jalani Pengobatan Saat Puasa? Berikut Obat yang Tidak Membatalkan Puasa

"Kalau dari hasil penjangkauan kemarin, itu karena PHK. Karena tidak kerja, kemudian coba-coba ikut temannya yang dijalanan. Mungkin banyak masyarakat yang bantu di jalanan ya jadi semakin betah," ujar Dadang. 

Dadang telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk bekerja sama dengan tim dari Unit Social Respon (USR) menyasar PPKS disejumlah lokasi seperti tempat ibadah, tempat perbelanjaan, dan di persimpangan jalan.

"Saat Ramadan dan lebaran, kami sudah memetakan mungkin awalnya dari masjid-masjid dulu karena kebanyakan di pelataran. Mudah-mudahan oleh USR bisa mengatasinya," katanya.

Baca juga: LAFAZ DOA BUKA PUASA RAMADAN, Arab dan Latin, Lengkap Penjelasan Hadis, Berbuka Menjadi Berkah

Pihaknya pun membuat pemetaan potensi rawan timbulnya PPKS selama Ramadan ini. Area potensi PPKS ini, kata dia, diklasifikasikan ke dalam tiga zona yaitu zona merah, kuning dan hijau.

"Kalau merah itu rawan. Kuning masih bisa diatasi. Hijau itu lebih tidak mengganggu ke pengguna jalan,” ujarnya. 

Dadang menyebutkan zona merah yang paling rawan di Kota Bandung berada di kawasan Pasir Koja dan Paster.

Menurutnya, PPKS di wilayah itu justru memiliki koordinator yang memimpin di area tersebut.

Baca juga: Kisah Alquran Tertua, Usia 363 Tahun, Sempat Hilang di Laut, Tapi Tiba-tiba Muncul di Rumah

Halaman
12
Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved