Breaking News:

MenkopUKM: JaFest 2021 Bisa Menjadi Pemicu Ribuan Local Heroes UMKM Jabar

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berharap Jafest 2021 dapat memicu munculnya ribuan local heroes UMKM Jabar

istimewa
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, saat membuka acara Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021, di Kota Bandung, Minggu (21/3). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Substansi dari Jabar Culture dan Tourism Festival (JaFest) 2021 adalah culture and tourism, budaya dan pariwisata serta telah menjadi modal kuat Jawa Barat sejak lama.

Namun, pandemi dan dinamisnya perubahan pasar, memaksa kita terus berevolusi serta menghadirkan nilai tambah.

Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, saat membuka acara Jabar Culture and Tourism Festival (JaFest) 2021, di Kota Bandung, Minggu (21/3).

"Kita harus terus memoles produk dan proses bisnis untuk hadir sebagai wirausaha yang berdampak menjadi Local Heroes UMKM," katanya.

Baca juga: Menteri Main Perepet Jengkol Buka Jafest 2021, Ada Rekor Dunia Ulinpiadeuh, Berikut Jadwalnya

MenkopUKM pun berharap JaFest 2021 sukses menjadi pemicu munculnya ribuan Local Heroes UMKM asal Jawa Barat yang menjadi inspirasi dan berdampak secara sosial ekonomi.

"Yang tidak hanya memiliki brand kuat, namun juga siap mengambil peran sebagai offtaker dan agregator," kata Teten.

Selain itu,  Jafest 2021 dapat menjadi bukti nyata betapa gagasan gotong royong yang telah mengakar sejak beratus tahun lalu di bumi nusantara justru semakin relevan dengan perkembangan zaman apalagi di tengah tantangan pandemi Covid-19.

"Jawa Barat adalah negeri yang dirahmati dengan inspirasi dan ide yang melimpah, tempat kreativitas lincah bereksplorasi, pabriknya produk-produk yang selalu menggugah selera, dan titik mula dari gerakan dan inisiatif yang memberdayakan," kata MenkopUKM.

Baca juga: Kemenkop dan UKM Sepakat Bekerjasama dengan ITB dalam Mendukung Program Pemberdayaan KUMKM

Hanya saja, Teten mengakui, setahun ke belakang, pandemi sudah meluluhlantakkan seluruh sektor ekonomi, termasuk diantara yang terdampak adalah pelaku UMKM.

Terlebih lagi yang bergerak di sektor pariwisata.

Halaman
12
Penulis: Siti Fatimah
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved