Breaking News:

Menteri Main Perepet Jengkol Buka Jafest 2021, Ada Rekor Dunia Ulinpiadeuh, Berikut Jadwalnya

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki main perepet jengkol saat membuka Jafest 2021

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki main permainan tradisional perepet jengkol saat membuka Jabar Culture and Tourism Festival (Jafest) 2021 di Gedung Sate, Bandung, Minggu (21/3/2021) 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jabar Culture and Tourism Festival (Jafest) 2021 secara resmi dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki di Gedung Sate, Minggu (21/3).

Rangkaian kegiatan online dan offline di bidang pelestarian budaya, ekonomi kreatif, dan pariwisata, tersebut, akan digelar selama sebulan di Jawa Barat.

Jafest 2021 merupakan kolaborasi antara IKA Unpad, IA ITB, Iluni UI, dan HA IPB. Rangkaian acara Jafest 2021 akan berlangsung di Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Cirebon, dari tanggal 20 Maret  hingga 22 April 2021.

Baca juga: VIDEO 108 Orang Tercatat Ikut Tes GeNose, Penyelenggara di Stasiun Kiara Condong Sebut Perdana

Teten mengatakan dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19, dirinya mengapresiasi kepada empat ikatan alumni yang sudah berkolaborasi dengan sangat baik dan rapi.

Hal ini, katanya, akan berdampak positif untuk memulihkan perekonomian di Jabar.

Menkop UKM buka Jafest 2021
Menkop UKM buka Jafest 2021 (istimewa)

"Jafest 2021 ini implementasi pengembangan pariwisata dan UMKM. Negara Eropa yang terkena krisis bisa memulihkan ekonominya dimulai pariwisatanya. Kita ketahui, UMKM kita sangat terdampak, di kuartal 1 dan 2 juga belum normal. Maka program ekonomi nasional kita lanjutkan kembali, di antaranya melalui transformasi ke platform digital," kata Teten dalam sambutannya di acara tersebut di Gedung Sate.

Baca juga: Kurnia dan Keluarga Menjerit saat Rumahnya di Cianjur Tiba-tiba Bergeser Dua Meter Terseret Longsor

Di bidang pariwisata pun, katanya, Jabar memiliki andalan objek pariwisata, dari mulai Geopark Ciletuh di Sukabumi, Pameungpeuk di Garut, sampai Pantai Pangandaran. Kemudian pusat wisata di Bandung, Bodebek, dan Cirebon Raya.

"Jafest 2021 ini kami sangat dukung sekali, akan sangat penting dalam dua hal, yaitu perekonomian nasional melalui pariwisatanya. Jadi potensi luar biasa untuk dikembangkan potensi pariwisatanya.

Untuk dorong pemulihan ekonomi, juga ada transformasi UMKM go digital, sudah 12 juta UMKM kita ke platform digital," katanya.

Baca juga: Seisi Rumah Menjerit Ketika Rumah yang Mereka Tempati Bergerak, Ternyata Geser 2 Meter Kena Longsor

Ketua IKA Unpad, Irawati Hermawan, mengatakan selain lokus di lima kota dan kabupaten di Jabar, UMKM Jabar bisa berpartisipasi juga dalam platform digital Jafest 2021, yakni aplikasi dan kanal milik IKA Unpad, IA ITB, Iluni UI, dan HA IPB. 

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved