Breaking News:

Tol Cisumdawu Percepat Waktu Bandung-Bandara Kertajati Jadi Kurang Sejam, Seksi 6B Segera Dibangun

Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6B akan dipercepat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tribunnews.com
Pembangunan Tol Cisumdawu. Keberadaan jalan tol ini akan memangkas waktu tempuh antara Bandung dengan Bandara Kertajati. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6B akan dipercepat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Penandatanganan kontrak pekerjaan dua ruas tol ini dilakukan secara virtual, Senin (4/1/2021).

Selain Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 6B, penandatanganan pengerjaan juga dilakukan untuk Jalan Tol Layang Ancol Timur–Pluit (Elevated).

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan, dua kontrak pembangunan ruas tol ini sangat krusial dan kehadirannya sudah ditunggu masyarakat.

Khusus Tol Cisumdawu, penyelesaiannya menjadi prioritas Presiden Joko Widodo dan ditargetkan beroperasi pada 2021.

"Tol ini dibangun sebagai dukungan agar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dapat beroperasi penuh, dengan mengurangi waktu tempuh Bandung ke Bandara Kertajati menjadi kurang dari satu jam,” kata Basuki.

Baca juga: Video Prediksi Jack Ma Dipenjara atau Mati Viral Lagi, Pendiri Alibaba Hilang Sejak Dua Bulan Lalu

Baca juga: Tahun Baru, 106 Personel Polres Ciamis Juga Punya Pangkat Baru, Kapolres Minta Amanah dalam Tugas

Untuk itu, dia menginstruksikan PT Citra Karya Jabar Tol selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Cisumdawu, dan kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya untuk segera memulai pekerjaan lapangan sejak diterbitkannya surat perintah mulai kerja (SPMK).

Kepala BPJT Danang Parikesit menambahkan, dengan penandatanganan kontrak ini, maka  sinergi antara swasta dan BUMN berkontribusi positif dan pembangunan infrastruktur jalan tol dapat berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Sebagai informasi, PT Citra Karya Jabar Tol merupakan anak usaha dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk yang dipimpin oleh Jusuf Hamka.

Jalan Tol Cisumdawu akan terhubung dengan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dan diharapkan dapat meningkatkan konektivitas ke BIJB Kertajati yang sudah mulai beroperasi.

Halaman
12
Editor: Giri
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved