Breaking News:

Ada Gangguan Kesehatan Mengintai Dibalik Nikmatnya Makanan Khas Lebaran, Waspada Penyakit Ini

Sayangnya, makanan-makanan semacam opor, rendang, gulai, hingga kari ini menjadi salah satu penyebab munculnya masalah kesehatan.

Editor: Seli Andina Miranti
Sajiansedap
resep memasak ketupat 

TRIBUNJABAR.ID - Hari Lebaran atau Hari Raya Idulfitri menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim.

Di Indonesia, Hari Lebaran biasanya tak hanya identik dengan Salat Id dan silaturahmi, tetapi juga berbagai makanan khas.

Sebagian besar makanan khas Idulfitri tersebut terdiri dari berbagai daging yang dimasak menggunakan santan dan rempah-rempah.

Sayangnya, makanan-makanan semacam opor, rendang, gulai, hingga kari ini menjadi salah satu penyebab munculnya masalah kesehatan.

Sejumlah masalah kesehatan pun mengintai, mulai dari kolesterol, darah tinggi, hingga asam urat.

Tentu kita tidak ingin momen Lebaran terganggu dengan kondisi badan yang menjadi sakit. Sehingga ada sejumlah yang mungkin perlu diwaspadai. 

“Biasanya setelah Lebaran akan timbul penyakit yang terkait dengan makanan dan minuman,” ujar Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Prof Dr David S Perdanakusuma, dilansir dari Kompas.com Sabtu (23/5/2020).

Hingga Kini, Ada 135 Napi Asimilasi yang Kembali Berulah Usai Bebas, dari Curat sampai Pembunuhan

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang sering timbul usai Lebaran:

1. Sakit tenggorokan, batuk dan pilek
Salah satu yang sering timbul adalah adanya keluhan terkait sakit tenggorokan dan kesulitan menelan. Serta timbulnya batuk dan pilek.

Hal ini bisa disebabkan karena terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis dan dingin seperti es sirup, kolak dan kue manis.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved