DBMP Purwakarta Minta Bantuan ke Pusjatan dan DBMP Provinsi Bikin Jembatan Bailey di Cijunti

DBMP Purwakarta minta bantuan ke Pusjatan dan DBMP Provinsi membuat jembatan bailey di Cijunti.

TRIBUN JABAR / MUHAMAD NANDRI PRILATAMA
JEMBATAN CIJUNTI AMBRUK-Jembatan di wilayah Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta ambruk, Jumat (3/4/2020). 
Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama
 
TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Dinas Bina Marga Kabupaten Purwakarta pascaambruknya jembatan penghubung antara Purwakarta dan Subang di Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, yang terjadi pada Jumat (3/4/2020) langsung berkoordinasi dengan Pusat Jalan dan Jembatan serta mengeruk material longsor agar tak menghambat aliran sungai.
 
Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Purwakarta, Ryan Oktavia mengatakan ambruknya jembatan yang dikenal dengan Jembatan Bodem ini awalnya terjadi lantaran meluapnya Sungai Ciherang.
 
"Luapan sungai memang sering terjadi seperti pada Januari 2020 terjadi luapan beberapa kali. Kami pun langsung layangkan surat ke Dishub Purwakarta juga Camat Campaka untuk koordinasi menutup ruas jalan pascaambruk," katanya di kantornya, Senin (6/4/2020).
 
Jembatan ini sebelum longsor, kata Ryan sempat mengalami pengikisan di bagian pinggir sehingga pihaknya sempat melakukan perbaikan menggunakan bronjong sebagai penahan bagian pinggir jembatan. 
 
"Jadi kami mesti buat lagi jembatan yang baru dengan tetap mendapat hasil dari kajian Pusjatan terkait kondisi tanah berupa studi kelayakannya," ujarnya.
 
Ketika disinggung sampai kapan jembatan baru akan terealisasi, karena jembatan tersebut menjadi salah satu jalur penghubung antara wilayah Purwakarta dengan Subang, Ryan mengatakan pihaknya tengah meminta bantuan ke Pusjatan dan DBMP provinsi untuk membuatkan terlebih dahulu jembatan bailey.
 
"Kami belum tahu kapan waktunya, yang jelas kami masih menunggu keputusan dari Pusjatan sambil terus lakukan pemeliharaan berkala terhadap jembatan-jembatan yang serupa," katanya.
Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved