10 Warga Kawali Ciamis Keracunan Supa, 5 Orang Sudah Sembuh

Sepuluh warga Kawali Ciamis menjadi korban keracunan setelah menyantap sayur jamur atau supa Senin (9/3/2020) malam.

10 Warga Kawali Ciamis Keracunan Supa, 5 Orang Sudah Sembuh
Tribun Jabar/Andri M Dani
Yaya (47) warga Dusun Banjarwaru Desa Linggapura Kawali Selasa (10/3) tengah dirawat di ruang IGD RSU Ciamis karena diduga keracunan setelah menyantap oseng supa rampak kidang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS- Sepuluh warga Kawali Ciamis menjadi korban keracunan setelah menyantap sayur jamur atau supa Senin (9/3/2020) malam.

Empat korban keracunan supa (ada yang menyebutnya supa gawir ada pula menamainya supa rampak kidang) itu langsung dibawa ke RSU Ciamis.

Seorang dirawat di Puskesmas Kawali dan Lima korban berhasil sembuh setelah berobat jalan atau ditangani di rumah sendiri.

“Dari sepuluh orang yang diduga keracunan supa tersebut, seorang diobservasi di Puskesmas Kawali, empat langsung dibawa ke RSU Ciamis. Lima lainnya berhasil sembuh, dan tidak dirawat,” ujar Kepala Puskesmas Kawali, drg Nurafni kepada Tribun Selasa (10/3/2020).

Ke-10 warga yang mengalami keracunan diduga setelah makan sayur supa (jamur) tersebut masing-masing  Arip (39), Ny Anih (50), Rahma (7) dan Neni (13) semuanya warga Dusun Cibiru Desa Kawali Kecamatan Kawali.

Kemudian, ada Enjang (37), Resa (13), dan Yaya (47) warga Dusun Banjarwaru Desa Kawali. Ada juga Hamid (65), Asep Ari Ibrahim (24) dan Riki (14) warga Dusun Nanggela Desa Linggapura Kawali.

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Disdik Ciamis Kumpulkan Ratusan Kepala Sekolah & Guru Pengawas

Keracunan Setelah Makan Oseng Supa, 4 Warga Kawali Ciamis Dilarikan ke Rumah Sakit

Menurut drg Nurafni, seorang korban diobservasi dan dirawat di Puskesmas Kawali atas nama Arip (39). Sedangkan empat lainya langsung dibawa ke RSU Ciamis, yakni Yaya (47), Hamid (65), Riki  (14) dan Asep Ari (24).

Sementara lima korban lainnya yang sembuh setelah berobat jalan atau berobat di rumah sendiri dengan minum air kelapa muda yakni Rahma (7), Ny Anih (50), Neni (13), berikut Enjang (37).

Jamur yang dikonsumsi korban keracunan tersebut, kata drg Nurafni, berawal dari seorang dari sekelompok warga yang tengah menebang kayu di Desa Kawali Senin (9/3) sore.

Halaman
12
Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved