Menengok Kompleks Puskesos Kota Bandung, Kini Dihuni 37 PMKS

Kepala Dinsosnangkis Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan kompleks Puskesos seluas 7,1 hektare ada 13 bangunan gedung termasuk masjid.

Menengok Kompleks Puskesos Kota Bandung, Kini Dihuni 37 PMKS
Tribun Jabar/Tiah SM
Kepala UPT Puskesos Kota Bandung Handian saat cek kamar pasangan suami istri Lansia, Sabtu (8/2/2020). Pasangan suami istri sudah menghuni Puskesos karena tidak memiliki tempat tinggal. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kompleks Pusat Kesejahteraan Sosial ( Puskesos) milik Pemerintah Kota Bandung di Rancacili, Kecamatan Rancacili, Kota Bandung, sejak diresmikan akhir tahun 2018 tepatnya ,Kamis (27/12/2018) selalu dihuni PMKS (penyandang masalah kesejahteraan sosial).

PMKS yang ditampung di Puskesos yang satu kompleks dengan kantor Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) hasil penjangkauan (razia) dan sebagian diantar warga.

Kepala Dinsosnangkis Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan kompleks Puskesos seluas 7,1 hektare ada 13 bangunan gedung termasuk masjid.

80 Persen Pengemis di Kota Bandung, Ternyata Warga Luar Kota, Tahun Lalu 2.800 PMKS Ditertibkan

Khusus Puskesos untuk menampung PMKS seluas 3 hektare bisa menampung 130 orang.

Menurut Tono, sesuai aturan PMKS hanya bisa tinggal 7 hari, setelah itu disalurkan, ke rumah jompo bagi lansia, ke rumah sakit jiwa bagi ODGJ ( orang dengan gangguan jiwa), anak jalanan, Pekerja seks komersial disalurkan sesuai jalurnya.

"Aturannya hanya 7 hari di rumah singgah tapi praktiknya ada yang berbulan-bulan bahkan dua tahun," ujar Tono.

Tono mengatakan, yang tinggal lama di rumah singgah karena tidak memiliki keluarga dan tidak ada yang menampung. 'Lansia terlantar tak ada yang menampung, tidak mungkin dikembalikan ke jalanan," ujar Tono.

Saat Tribunjabar.id meninjau Puskesos, Sabtu (8/2/2020) ada 37 PMKS yang tinggal di Puskesos.

Para PMKS dibagi ke beberapa blok.

Halaman
123
Penulis: Tiah SM
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved