SOROT

Banjir Jakarta dan Jabar, Air Kebingungan Mencari Jalan Pergi

MUSIM penghujan baru memasuki fase awal, belum sampai pada puncaknya. Tapi air kini begitu banyak, ada di mana-mana. Kok bisa banjir ya?

Banjir Jakarta dan Jabar, Air Kebingungan Mencari Jalan Pergi
dokumentasi
Kisdiantoro

Oleh Kisdiantoro, Wartawan Tribun Jabar

MUSIM penghujan baru memasuki fase awal, belum sampai pada puncaknya. Tapi air kini begitu banyak, ada di mana-mana. Tak hanya di sungai, tapi juga di jalanan dan kompleks perumahan. Kok bisa begitu ya?

Anda tentu masih ingat saat orang-orang mengeluh kekeringan, sawah-sawah tak bisa ditanami, mandi sehari sekali, untuk kebutuhan hidup pun harus beli, lalu orang-orang berdoa berjamaah meminta hujan kepada Tuhan, Allah SWT.Hujan pun datang.

Kita bersuka cita, lupa keluh kesah saat kemarau. Air kembali melimpah.

Galang Dana di Polres Tasikmalaya Rp 21 Juta, Kapolres Terharu Anggotanya Peduli Korban Banjir

Namun, air kiriman sang pencipta begitu banyak, melebihi dari kebutuhan penduduk bumi. Air itu melebihi dari kebutuhan utnuk mandi, memasak, atau mengairi sawah.

Saking banyaknya, air itu berubah menjadi banjir. Sejumlah wilayah di Jawa Barat kebanjiran. Mulai dari banjir di Bandung Barat, Kabupaten Bandung, cileuncang di Kota Bandung, Bekasi, dan Bogor.

Wilayah Jakarta mengalami banjir lebih parah dibandingkan Jawa Barat.

Update terakhir korban meninggal dunia banjir Jakarta dan daerah sekitarnya (Jabodetabek) hingga Jumat (3/1/2019) pagi, jumlahnya mencapai 43 orang. Dari angka itu, 8 di antaranya korban meninggal akibat banjir di Lebak Banten.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan, korban meninggal kebanyakan dikarenakan terseret arus banjir dan tertimbun longsor.

Sebagian wailayah Jabar, Jakarta, dan Banten kemungkinan besar masih akan dilanda banjir. Sebab, dua pekan ke depan cuaca ekstrem masih akan terjadi.

Indonesia Dilanda Kebanjiran, Australia Malah Kebakaran, Disebut Krisis Iklim, Begini Penjelasannya

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved