Breaking News:

Coffee Break

Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: Menuju El Clasico ala Indonesia

El Clásico menjadi salah satu pertandingan yang selalu ditunggu dan menarik perhatian jutaan penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Penulis: Hermawan Aksan | Editor: Hermawan Aksan
Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: Menuju El Clasico ala Indonesia
ist
Hermawan Aksan, Wartawan Tribun Jabar

Oleh Hermawan Aksan

SECARA bahasa, el clasico berarti klasik. Namun el clasico memiliki makna yang lebih khusus, yakni istilah yang diberikan untuk pertandingan sepak bola yang mempertemukan dua klub raksasa Liga Spanyol, FC Barcelona dan Real Madrid.

Laga kedua klub ini juga kadang disebut sebagai El Derbi Espanyol.

Setiap tahun, pertemuan antara Barcelona dan Real Madrid terjadi tidak hanya di Liga Spanyol (La Liga) yang memang sudah terjadwal pasti, tapi juga berpeluang terjadi di Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, dan Piala Super Eropa.

Baca juga: Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: Aing Persib, Aing Persija

Baca juga: Coffee Break Tribun Jabar Minggu Ini: Serigala Penyendiri Bernama Zakiah Aini

Jadi, jumlah maksimal pertemuan kedua klub bisa mencapai angka sembilan kali.

El Clásico menjadi salah satu pertandingan yang selalu ditunggu dan menarik perhatian jutaan penggemar sepak bola di seluruh dunia. Selalu terjadi laga dramatis di lapangan hijau dalam setiap pertemuannya.

Salah satu periode puncak yang menampilkan rangkaian drama el Clasico terjadi ketika kedua klub diperkuat masing-masing oleh megabintang yang secara individu selalu berkompetisi untuk meraih predikat pemain terbaik di dunia: Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Lebih-lebih ketika Real Madrid ditangani pelatih yang paling populer di dunia karena prestasi dan mulut besarnya: Jose Mourinho.

Stadion Nou Camp dihiasi berbagai atribut Johan Cruyff di laga antara Barcelona vs Real Madrid yang berkesudahan 2-1 untuk Madrid.
Stadion Nou Camp dihiasi berbagai atribut Johan Cruyff di laga antara Barcelona vs Real Madrid yang berkesudahan 2-1 untuk Madrid. (dailymail)

Mengapa Barcelona dan Real Madrid terus bersaing selama berpuluh-puluh tahun? Persaingan itu muncul tidak lepas dari sejarah bahwa Madrid dan Barcelona adalah dua kota terbesar di Spanyol dan dua klub itu adalah klub sepak bola paling berhasil dan berpengaruh di negeri itu.

Dalam pertandingan resmi yang diakui FIFA, Barcelona telah meraih 83 trofi sedangkan Real Madrid telah meraih 84 trofi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved