Musim Hujan Banyak Pohon Tumbang, Pemkot Bandung Imbau Masyarakat Waspada saat Berkendara dan Parkir

Selain mengganggu arus lalu lintas, tidak jarang pohon-pohon tersebut menimpa kendaraan yang sedang melintas maupun berhenti di bawahnya.

Musim Hujan Banyak Pohon Tumbang, Pemkot Bandung Imbau Masyarakat Waspada saat Berkendara dan Parkir
ISTIMEWA
Pohon tumbang menimpa tiga unit mobil di parkiran Hotel Kedaton , Kota Bandung, Rabu (18/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang yang melanda wilayah Kota Bandung telah menyebabkan terjadinya kasus pohon tumbang hampir setiap hari.

Bahkan, selain mengganggu arus lalu lintas, tidak jarang pohon-pohon tersebut menimpa kendaraan yang sedang melintas maupun berhenti di bawahnya.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengaku telah menugaskan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, untuk melakukan beberapa langkah preventif guna mengurangi potensi dan dampak dari terjadinya kasus pohon tumbang.

"Untuk upaya yang dilakukan, saya sudah meminta dan sepertinya sudah dilakukan oleh teman-teman dari DPKP3, untuk segera mengevaluasi sejumlah pohon yang sudah berusia tua, termasuk pohon-pohon yang kondisinya sudah keropos-keropos untuk dapat ditebang, dan menggantinya dengan pohon-pohon baru," ujarnya saat ditemui usai menghadiri kegiatan di SMK Pasundan 1 Bandung, Jumat (26/12/2019).

Menurutnya, selain mengupayakan beberapa langkah preventif, pihaknya juga meminta agar masyarakat dapat bersabar, mengingat jumlah pohon di Kota Bandung cukup banyak.

Serta mengimbau kepada warga Kota Bandung, agar lebih berhati-hati dan menghindari berteduh di bawah pohon ketika hujan terjadi.

AC di Kereta Api Lokal Bandung Raya Jatuh Menimpa 8 Penumpang, 2 Orang Dirujuk ke RS Kebon Jati

"Mang Oded mengimbau, saat hujan terjadi, jangan berteduh atau memarkirkan kendaraan ulah di handapeun tatangkalan (jangan di bawah pohon), karena kalau pohon itu jatuh bisa jadi musibah," ucapnya.

Sementara itu, Kasubag UPT Penghijauan, Pertamanan, dan Pemeliharaan pohon DPKP3 Kota Bandung, Mustopa mengatakan, guna mengantisipasi potensi pohon tumbang saat musim penghujan, pihaknya telah melakukan pemangkasan terhadap 3.597 pohon dan penebangan bagi 33 pohon di 968 titik di Kota Bandung, sepanjang awal tahun hingga Oktober 2019.

Pemangkasan dan penebangan yang dilakukan tersebut, lanjutnya, berdasarkan beberapa faktor, selain kondisi pohon yang sudah mengkhawatirkan atau rentan tumbang, karena tua dan atau mengalami pengeroposan, tetapi juga karena menghalangi rambu lalu lintas, penerangan jalan umum (PJU), dan juga jarak pandang dari CCTV.

Bupati Cirebon Minta PNS untuk Tidak Menjadi Anggota Organisasi yang Bertentangan dengan Negara

Halaman
123
Penulis: Cipta Permana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved