Seleksi CPNS 2019 di Pemkab Indramayu Tidak Ada Formasi bagi Pelamar Tingkat SMA Sederajat

Dari sebanyak 361 formasi yang disediakan pemerintah Kabupaten Indramayu dalam pendaftran CPNS 2019, tidak ada formasi untuk lulusan SMA sederajat.

Seleksi CPNS 2019 di Pemkab Indramayu Tidak Ada Formasi bagi Pelamar Tingkat SMA Sederajat
Tribun Jabar/Handhika Rahman
Ilustrasi: Kantor Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Kamis (31/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Dari sebanyak 361 formasi yang disediakan pemerintah Kabupaten Indramayu dalam pendaftran CPNS 2019, tidak ada formasi untuk lulusan SMA sederajat.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Winaryo kepada Tribuncirebon.com saat ditemui di ruangannya, Selasa (12/11/2019).

Dirinya menyebutkan, saat ini kategori yang dibutuhkan lebih kepada profesional sehingga tidak dibuka bagi para pelamar tingkat SMA sederajat.

"Alasannnya karena kebutuhan, formasi itu indikatornya dari kebutuhan organisasi, kalau sekarang dalam rangka profesionalitas di Kabupaten Indramayu makanya yang diangkat itu minimal ijazah D-III," ujar dia.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Winaryo, Selasa (12/11/2019).
Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu, Winaryo, Selasa (12/11/2019). (Tribun Jabar/Handhika Rahman)

Dicontohkan Winaryo, dalam formasi pendaftaran CPNS 2019, Kabupaten Indramayu membutuhkan operator komputer guna menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman yang serba aplikasi dan IT.

Sehingga diperlukannya para pelamar yang berprofesional. Dalam hal ini, yakni pelamar dengan ijazah minimal D-III Sistem Informasi.

"Meskipun SMA bisa, tapi karena masih umum dan tidak spesifik maka yang kami butuhkan itu minimal D-III Sistem Informasi atau S-1 Sistem Informasi," ujar dia.

Ternyata Ini Alasan Pendaftaran CPNS 2019 di Indramayu Dibuka Senin Malam

NIK atau Nomor KK Bermasalah, Nama Tak Sesuai KTP, Ini Cara agar Anda Tetap Bisa Daftar CPNS 2019

Winaryo menyampaikan, lowongan bagi pelamar SMA sederajat di Indramayu sudah sejak lama ditutup.

Terakhir kali pendaftaran CPNS bagi pelamar dengan ijazah SMA, yakni pada tahun 2005 lalu. Setelah itu tidak dibuka lagi pendaftaran hingga sekarang.

"Kecuali formasi tenaga honorer pada tahun 2009 lalu, itu formasi tenaga honorer, pelamar SMA masih bisa melamar namun mekasismenya langsung pengangkatan tidak melalui tes," ucapnya.

Meski demikian, masih ada instansi-instansi di daerah lain yang membuka lowongan bagi pelamar berijazah SMA sederajat pada pendaftaran CPNS 2019.

Untuk di lingkup Pemkab Indramayu sendiri, dijelaskan Winaryo, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan bagi pelamar dengan ijazah SMA untuk bisa bergabung.

Mereka masih bisa melakukan pelamaran melalui pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan datang.

"PPPK ini mempunyai aturan sendiri, dasar hukumnya berbeda. Jadi bagi pelamar tingkat SMA sederajat masih bisa," ujar dia.

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved