Kampus

Ketua Fraksi PKB DPR Cucun Ahmad Syamsurijal Resmi Bergelar Doktor Unpad, Sidang Dihadiri Prabowo

etua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal akhirnya berhasil menyandang gelar doktor Unpad.

Istimewa
Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal akhirnya berhasil menyandang gelar doktor setelah dinyatakan lulus pada sidang terbuka promosi doktor di bidang ilmu administrasi publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad Bandung, Rabu (25/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal akhirnya berhasil menyandang gelar doktor setelah dinyatakan lulus pada sidang terbuka promosi doktor di bidang ilmu administrasi publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Rabu (25/1/2023).

Cucun berhasil meraih predikat cumlaude dengan telah mempresentasikan disertasinya berjudul "Efektivitas Pengelolaan APBN dengan menggunakan kebijakan automatic stabilization dalam menghadapi krisis". 

Hadir sejumlah tokoh penting, seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri Keuangan, Sri Mulyadi, Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskndar, Wakil Ketua MPR, Ahmad Basarah, Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana, dan lainnya.

Cucun menyampaikan bahwa Indonesia sudah beberapa kali mengalami krisis dan yang terbaru ialah krisis kesehatan pada 2020 dengan adanya covid-19 yang berdampak pada semua sektor.

"Statistik dalam keuangan itu pastinya akan berulang. Dahulu kami sempat alami krisis pada 1980, 1997 yang berujung pada krisis politik bahkan tumbangnya rezim orde baru, kemudian krisis 2008 yang tiba-tiba dolar naik karena kebangkrutan Lehman Brader, lalu terakhir krisis 2020 covid-19. Jadi, ini penting dikaji juga diteliti bagaimana para pengambil kebijakan bisa tepat dan cepat dalam mengambil keputusan. Nah, saya mencoba komparasikan dari krisis 1980, 1997, 2008, dan 2020," katanya.

Cucun menegaskan mengacungkan jempol pada negara Indonesia yang mampu melewati krisis-krisis ini. Sebab, bila dibandingkan dengan negara lain, kata Cucun, Indonesia paling tepat dan cepat mengambil keputusan walau sedikit terjadi perdebatan.

"Inilah mengapa saya teliti bagaimana kebijakan kresi yang akan mengganggu terhadap satu kondisi politik bila politiknya tak bagus, lalu perlu penataan DPR juga sebagai pengambil kebijakan karena keputusan negara bukan hanya eksekutif tapi harus dibahas dengan DPR. Jadi, ini penting diteliti dan dikaji, bahkan ada satu masukan dari saya kepada lembaga DPR untuk revisi UU tentang keuangan negara," katanya.

Muhaimin Iskandar mengucapkan selamat dan merasa bangga serta bersyukur atas berhasilnya Cucun yang merupakan sahabatnya telah lulus menjadi doktor dengan predikat cumlaude.

"Kami bangga, seorang santri yang belajar di pesantren Cipasung dengan kesederhanaannya bisa lulus dari kampus prestisius (Unpad). Semoga ilmunya bermanfaat, berkah, dan bisa berkontribusi buat bangsa dan negara. Saya juga bangga tokoh nasional, eksekutif, legislatif, dan yudikatif bisa hadir. Wisuda ini juga sebagai kenaikan elektoral (PKB)," ujarnya.(*)

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved