VIDEO 1 Abad PLTA Plengan di Pangalengan Bandung, Turut Suplai Aliran Listrik Jawa dan Bali

Pembangkit Listrik Tenaga Air  atau PLTAPlengan, yang berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung, merupakan salah satu PLTA tertua di Indonesia, usianya

Penulis: Lutfi Ahmad Mauludin | Editor: Mega Nugraha

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Pembangkit Listrik Tenaga Air  atau PLTAPlengan, yang berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung, merupakan salah satu PLTA tertua di Indonesia, usianya sudah mencapai 100 tahun.

Walau usianya sudah mencapai 1 abad PLTA Plengan yang merupakan unit PLTA Saguling, tetap produktif menyuplai aliran listrik ke Jawa dan Bali.

Turbin atau mesin-mesin tersebut hingga kini masih tetap handal beroprasi. Sebab dipelihara dengan baik, dan sudah dipadukan dengan teknologi terbarukan. 

Tak hanya mempertahankan turbinnya, di PLTA Plengan juga masih terdapat bangunan yang dipertahankan, dan kini masik kategori heritage, salah satunya bangunan Power House.

Baca juga: VIDEO Aksi Solidaritas Bobotoh Persib Bandung untuk Aremania Korban Kerusuhan Kanjuruhan

Menurut Direktur Utama PLN Indonesia Power,  Edwin Nugraha Putra, PLTA Plengan ini merupakan sebuah unit, yang di bangun pada tahun 1922.

"Kalau dibandingkan dengan yang di Saguling sangat jauh sekali, tapi yang paling utama itu kami pelihara unit tersebut, agar bisa terus bertahan hingga generasi yang akan datang," ujar Edwin, saat peringatan 1 abad PLTA Plengan, dengan HUT PLN Indonesia Power Ke 27, di PLTA Plengan, Senin (3/10/2022).

Awal dibangun PLTA Plengan pada 1922 terdapat 3 unit turbin, pada tahun 1962 ditambah 1 unit dengan kapasitas 2 Mega Watt. Di tahun 1996 ditambah lagi 1 unit dengan kapasitas 1,6 Mega Watt.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved