Ide Kreatif dan Brilian Pemuda Cimahi, Limbah Kulit Singkong Jadi Camilan Renyah Penghasil Rupiah

Novan Putra Ardiansyah (29) terlihat telaten saat memotong kulit singkong di rumahnya, Jalan Cimindi Timur, Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/HILMAN KAMALUDIN
Novan Putra Ardiansyah (29) menunjukkan keripik kulit singkong hasil ide kreatifnya di rumahnya, Jalan Cimindi Timur, Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Novan Putra Ardiansyah (29) terlihat telaten saat memotong kulit singkong di rumahnya, Jalan Cimindi Timur, RT 01/23, Kelurahan Cibeureum, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Kulit singkong yang biasanya hanya dinilai oleh masyarakat umum sebagai limbah dan kerap dibuang di tong sampah, tetapi di tangan Novan, limbah tersebut disulap menjadi camilan renyah penghasil rupiah.

Di tangan Novan, limbah kulit singkong itu dijadikan bahan baku keripik yang renyah dan gurih, kemudian setelah digoreng dikemas menggunakan plastik untuk dipasarkan dengan merk Kulit Singkong Krispi.

Kulit singkong yang dipotong kecil itu kini sudah memiliki berbagai varian rasa, mulai dari barbeque, bojot, balado, keju manis, dan rasa pedas asin, lalu dijual dengan harga Rp 7.000 per pcs.

Ide brilian dari Novan itu muncul saat dia memiliki tekad ingin bangkit dari keterpurukan ekonomi setelah keluar bekerja dari salah satu perusahaan elektronik di Kota Bandung akibat terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Keripik Kentang Unggulan dari Lembang KBB Diekspor ke Amerika Serikat dan China Senilai Rp 2 M Lebih

"Sebelum bisnis keripik kulit singkong ini, dulu saya kerja di distributor elektronik, jadi sales. Tapi Karena pandemi Covid-19, saya dirumahkan oleh perusahaan," ujar Novan di rumahnya, Selasa (6/9/2022).

Setelah keluar dari perusahaan itu, dia sempat mencari kerja ke tempat yang lain, namun karena saat itu pandemi Covid-19 membuat perusahaan terpuruk, dia pun sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang baru.

"Dari situ mulai tercetus ide membuat keripik kulit singkong karena kebetulan bapak saya jualan singkong keju," kata Novan.

Melihat orangtuanya berjualan singkong keju itu, Novan langsung berpikir ingin memanfaatkan kulitnya karena selama ini kulit singkong tersebut hanya jadi tumpukan sampah yang tidak bisa dimanfaatkan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved