PAN Sumedang Fokus Utama Pileg 2024, Soal Pilkada Sumedang Belum Terpikir

Menghadapi tahun 2024, PAN Sumedang fokus dulu Pileg 2024. Setelah itu baru pikiran Pilkada Sumedang.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Dok DPD PAN Sumedang
Bagus Noorrochmat, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sumedang (tengah). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sumedang memilih fokus kepada pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2024. 

Pengurus partai belum mau berfokus kepada yang lain, termasuk kepada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 yang dilaksanakan setelah Pileg 2024

Ketua DPD PAN Sumedang Bagus Noorrochmat mengatakan hal-hal terkait Pilkada 2024 belum menjadi fokus pikiran PAN Sumedang. 

"Konsolidasi masih pada persiapan Pileg, jadi kami belum terpikirkan hal-hal yang lain," kata Bagus saat dihubungi TribunJabar.id, Rabu (31/8/2022).  

Kecuali, kata Bagus, soal pemilihan presiden (Pilpres). Hal itu menjadi tugas yang linier dari DPP, DPW, sampai ke DPD PAN Sumedang

"Kami menunggu apa yang diputuskan DPP. DPW dan DPD mempersiapkan mesin partai di tingkat bawah, sampai ke per TPS (Tempat Pemungutan Suara)," kata Bagus. 

PAN Sumedang saat ini sedang menunggu hasil verifikasi dari Komisi Pemillihan Umum (KPU) Sumedang. Beriringan dengan itu, DPD PAN Sumedang hingga Desember 2022, bekerja menyiapkan saksi-saksi untuk ditempatkan di TPS. 

"Satu TPS diisi 2 orang saksi," katanya.  

PAN Sumedang juga sedang menyiapkan bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) untuk dikontestasikan pada 2024. 

"Kami masih ada beberapa dapil yang kosong. Target kami tak muluk, satu dapil satu caleg menang," kata Bagus seraya menyebut saat ini PAN punya 4 kursi di DPRD Sumedang. 

Para caleg yang mendaftar secara online ada banyak yang merupakan kader lama, tetapi ada juga yang merupakan pendatang baru. 

"Ada kader-kader baru, atau orang-orang baru yang memang daftar. PAN itu pakai sistem elektronik. Mereka daftar dan terkontrol oleh DPP, DPW, dan DPD," katanya.

Baca juga: 9 PAC Partai Demokrat di Sumedang Mundur, Ramai-ramai Pindah ke PAN

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved