Yuk ke Lembang Melihat Kelinci Jumbo Seharga Rp 20 Juta yang Diminati Banyak Artis, Lincah dan Gemas

Selain berukuran jumbo, kelinci German Giant ini memiliki bulu yang lebat dan halus, serta telinga panjang. =

Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Pemilik Peternakan Arya Aditya Rabbitry saat menunjukan kelinci jumbo. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Sejumlah kandang mini berisi kelinci di Peternakan Arya Aditya Rabbitry, Jalan Baru Adjak, Desa Lembang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tampak berderet rapi.

Di dalam kandang mini itu terdapat berbagai macam jenis kelinci, seperti jenis New Zealand White, blue, dan red.

Lalu ada Californian, Hyla, Hycole, American Rex, Nederland Dwarf, Holland lop, English Angora, Fuzzy Lop, serta German Giant.

Baca juga: Kaulinan Lembur Semarakkan Desa Wisata Tanjungsiang Subang, Bangkitkan Lagi Permainan Tradisional

Namun, hewan peliharaan yang paling paling mencolok di peternakan ini yakni kelinci German Giant karena memiliki ukuran jumbo, sehingga kelinci ini berbeda dengan kelinci lain yang ada di kandang mini tersebut.

Pemilik Peternakan Arya Aditya Rabbitry, Asep Yana (42), mengatakan, kelinci German Giant itu rata-rata baru berusia enam bulan, tetapi sudah memiliki bobot antara 8 sampai 9 kilogram dan bobotnya akan terus bertambah hingga usia dua tahun.

"Khusus kelinci German Giant didatangkan dari Eropa, jadi penampakannya gagah laki-laki banget dan besar, beda dengan jenis kelinci yang lain," ujarnya saat ditemui di peternakannya, Selasa (22/8/2022).

Selain berukuran jumbo, kelinci German Giant ini memiliki bulu yang lebat dan halus, serta telinga panjang. Dengan ciri-ciri itu, kelinci ini terlihat menggemaskan, apalagi pergerakannya pun cukup lincah.

Bahkan, saking lincah dan besarnya kelinci jenis ini, sang empunya terlihat kewalahan saat mengeluarkan dari kandangnya karena pergerakannya sangat aktif dan bobotnya juga berat.

Baca juga: Gairahkan Sektor Wisata, PLN Tambah Infrastruktur Kelistrikan di Pelabuhan Ratu

"Tapi untuk perawatan kelinci German Giant ini cukup simpel dan tidak rumit. Perawatannya, sama seperti jenis kelinci lainnya, untuk biaya perawatan itu bisa habis Rp 15 juta per bulan termasuk bayar karyawan satu orang," kata Asep.

Ia mengatakan, meski kelinci itu memiliki ukuran jumbo, tetapi tidak ada perawatan khusus yang diberikan, bahkan untuk makan pun cukup diberi pelet, rumput hay, buah-buahan, dan air minum yang cukup banyak.

Hanya saja, kata Asep, hal yang membedakan perawatan dengan kelinci jenis lain, yakni porsi makanannya lebih besar karena ukurannya juga memang jauh lebih besar. Kendati demikian, kelinci ini bisa menghasilkan uang yang menggiurkan.

"Untuk harga yang masih kecil kita jual mulai dari Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Harga itu untuk yang anakan dengan usia 3 bulan," ucapnya.

Sedangkan untuk kelinci German Giant yang dewasa, kata Asep, akan dijual dengan harga Rp 15 juta hingga Rp 20 juta per ekor dengan penjualan secara online.

Ia mengatakan, selama ini kelinci German Giant yang berjumlah tiga ekor kerap diburu oleh artis ibukota seperti Raffi Ahmad, Prilly Latuconsina, Frislly Herlind, dan artis yang lainnya.

Baca juga: Harga Tiket Wisata Naik, Pengusaha di Pangandaran Mengeluh Pendapatan Berkurang Dagangan Tak Terjual

"Frislly pemeran KKN Desa Penari sudah menawar juga, tapi baru Rp 10 juta. Cuma belum dilepas, katanya nanti mau balik lagi. Kalau yang sudah beli di sini itu Prilly," ujar Asep.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved