Viral Arisan Bodong di Kabupaten Bandung, Puluhan Korban Sebut Total Kerugian Capai Rp 2 Miliar

Viral kasus arisan bodong terjadi di Baleendah, Kabupaten Bandung, korbannya mencapai 67 orang dan kerugian mencapai sekitar Rp 2 miliar.

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi uang rupiah 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Lutfi Ahmad Mauludin


TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Viral kasus arisan bodong terjadi di Baleendah, Kabupaten Bandung, korbannya mencapai 67 orang dan kerugian mencapai sekitar Rp 2 miliar.


Dari satu orang korban, ada yang sudah mengeluarkan uang, jutaan, puluhan, hingga ratusan juta. Seperti halnya seorang warga baleendah yang sudah menggelontorkan uangnya, sebesar Rp 42 juta.


Chika Nur Fadilah (21), percaya terhadap arisan yang dijual R karena sebelumnya sudah menjalani arisan kepada RNF selama 2 tahun dan berjalan lancar.


"Awalnya ikut arisan biasa, terus aa yang keluar, ia menawarkan untuk menggantikannya, ya udah boleh digantikan saya," ujar Chika, saat dihubungi tribun jabar, Selasa (7/6/2022).


Arisan tersebut, kata Chika, berjalan hingga awal Desember 2021, lalau di bualan Januari dan Februari, mulai ada lelang atau jual beli arisan.


"Saya berani ngasih uang hingga total sebesar Rp 42 juta (untuk beli arisan) karena awalnya arisan biasa benar dan lancar," kata Chika.


Chika menjelaskan, di bulan Februari lelangan atau ngejual arisannya, nomoninalnya besar, hingga ada yang mencapai Rp 20 juta, Rp 13 juta dan saat itu mulai curiga.


"Dari situ sudah ada tanda-tanda, sudah we gak akan dilanjutin kalau sudah dapat, rencananya semua mau langsung diambil," ucap dia.

Baca juga: Derita Puluhan Peserta Arisan Bodong di Bandung, Mau Untung Malah Buntung, Curiga karena Ini


Namun selang beberapa hari kata Chika, ada kabar RNF dirawat di RS Ebah dan katanya kolep saldo rekening nya nol rupiah.


"Kami datengin saat itu 4 orang  ke rumahnya, kata ibunya, uang ada aman, sok aja kumpulin semua membernya, nanti ketemu RNF dan mau diganti semuanya," ujarnya.


Chika memaparkan, setelah itu ada tiga mediasi kali mediasi, pertama dia RNF tak hadir kedua hadir, dan ketiga hadir ngasih Rp 30 juta, untuk semua member yang jumlahnya 67 orang.


"Sedangkan korban, sampai ada yang sudah masuk hingga Rp 250 juta dan hanya kebagian Rp 3 juta. Saya rugi Rp 42 juta kebagian 600 ribu," kata Chika.


Jumlah Rp 42 juta, kata Chika itu uang yang dikeluarkannya sebagai modal, dengan diiming-imingi akan mendapatkan uang mencapai sekitar Rp 55 juta sapai Rp 58 juta

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved