Ini Cara Mencegah Hepatitis Misterius Kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Jabar

Dr Ryan mengatakan hepatitis misterius ini diduga menular dari pernapasan dan makanan.

via Metro UK
ilustrasi hepatitis akut atau penyakit kuning pada anak 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Putri Puspita

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hadirnya hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak masih belum diketahui darimana asal munculnya dan bagaimana penularannya.

Gaya hidup sehat dan tetap  menjaga protokol kesehatan dengan membatasi penggunaan barang secara bersamaan tentunya menjadi hal yang harus diperhatikan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi  Jawa Barat, dr Ryan Bayusantika Ristandi menjelaskan hepatitis misterius ini kemungkinan penularannya melalui pernapasan dan lewat makanan.

"Penyakit ini berhubungan dengan makanan, oleh karena itu  konsumsi makanan matang, begitu pun dengan air. Selalu gunakan bahan makanan yang bersih dan telah diproses dengan baik. Alat makanan pun gunakan yang bersih dan jangan bergantian" ujar dr Ryan dan program Tribun Health, Rabu (11/5/2022).

Ryan mengingatkan dengan menjaga kebersihan akan menjaga saluran pernapasan dan pencernaan di mana dua lokasi tersebut adalah tempat masuknya virus dari hepatitis misterius ini

Oleh karena itu ia juga mengingatkan bagi para orang tua untuk tidak menggunakan alat makan bersamaan dengan tetangga maupun saudara lainnya.

Apalagi di fenomena halalbihalal saat ini menjadi hal yang harus dipersiapkan karena rentan saling menularkan.

"Biasanya saat makan kan buka masker dan berpotensi adanya penularan dari saluran pernapasan. Ini jadi salah satu konsekuensi adanya kebijakan relaksasi dari pemerintah," ujarnya.

Namun dr Ryan mengatakan proses penularan dari hepatitis misterius ini memang tidak secepat virus corona,

Ia mengungkapkan hepatitis misterius ini masih diwaspadai dan sudah sebulan sejak muncul di negara lain dan pemerintah mewaspadai dengan ketat.

"Kemungkinan penularan enggak semudah Covid-19 dan harus tetap menjaga perilaku hidup sehat, bersih dan menerapkan 5M yang cukup signifikan dalam mencegah hepatitis misterius yang menular saat ini," ujarnya. 

Baca juga: Antisipasi Penyakit Hepatitis Akut, Yana Sebut Pemkot Bandung Sudah Siap Infrastruktur

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved