Sakit Maag Bisa Menyerang Siapa Saja, Yuk Cek Kesehatan Lambung dengan Cara Ini

Sakit maag bisa menyerang siapa saja karena itu perlu mengecek kesehatan jantung salah satunya dengan menggunakan maag meter

Editor: Siti Fatimah
istimewa

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Brand Promag, brand market leader di kategori obat sakit maag di Indonesia, bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) melakukan edukasi pentingnya menjaga kesehatan lambung.

Sebab, salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami saat puasa ialah naiknya asam lambung atau sakit maag.

Edukasi ini melalui alat (tool) berbasis digital bernama maag meter, yang diciptakan oleh Promag untuk mengecek kondisi lambung dengan mudah dan praktis.

Baca juga: Ini Alasan Penderita Maag Dilarang Rebahan Usai Makan Sahur dan Berbuka

Pengguna cukup mengunjungi laman https://promag.id/maag-meter, lalu menjawab lima pertanyaan sesuai dengan kondisi kesehatan yang dialami, kemudian hasil deteksi kesehatan lambung bisa langsung diketahui saat itu juga.

“Promag berinisiatif membuat online tool bernama maag meter, tujuan kami membuat tool ini untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya kesehatan lambung terutama saat berpuasa,” ucap General Manager Commercial Kalbe Consumer Health, Kustanto Pramono dalam keterangan resmi yang dikutip Tribun.

”Karena faktanya, menurut Survey Populix tahun 2021, dua dari lima orang tidak menyadari dirinya terkena sakit maag,” tambahnya.

Sementara itu, penyakit maag saat puasa bisa terjadi karena perut dalam keadaan kosong, tidak ada asupan makanan untuk dicerna, hingga stres yang berkelebihan.

Baca juga: Simak! Tips Agar Nyaman Puasa Ramadhan Bagi Penderita Maag

Penyebab lainnya ialah konsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makanan pedas, asam, dan berlemak.

Begitu juga jika terlalu banyak mengonsumsi kafein, alkohol, maupun minuman bersoda.

Gangguan maag akan menyebabkan ketidaknyaman, antara lain perut akan terasa begah dan kembung, bahkan kadang-kadang merasakan seperti melilit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved