Ini Alasan Penderita Maag Dilarang Rebahan Usai Makan Sahur dan Berbuka

Bagi penderita maaf harus memperhatikan hal ini saat makan sahur dan berbuka yakni dilarang rebahan

Editor: Siti Fatimah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Apakah Anda pernah menderita sakit mag? Lalu apakah sekarang takut kalau mag Anda kambuh selama berpuasa? Dikutip dari laman resmi UGM, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, berikut kami beberapa tips agar mag tidak kambuh ketika berpuasa.

Tips ini kami dapatkan dari penuturan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSA UGM, dr. Isti Haryani, M.Sc., Sp.PD., FINASIM, dalam sebuah video edukasi berjudul “Tips Puasa bagi Penderita Mag”.

Video tersebut dipublikasikan melalui kanal Youtube Rumah Sakit Akademik UGM pada Jumat, (15/4), lalu. 

Baca juga: Bikin Kesal, Kambuh di Hari Lebaran, Ini Tips Cegah Sakit Maag Saat Merayakan Idulfitri

Dokter Isti Haryani mengatakan bahwa kondisi lambung yang kosong memang dapat menaikkan asam lambung.

Kondisi perut yang kosong selama lebih kurang 12 jam bisa membuat asam lambung bergejolak, memengaruhi lambung, dan area sekitarnya.

Alhasil, orang yang mengalaminya dapat merasa tidak nyaman, perut terasa penuh, terasa perih, ataupun sampai menimbulkan rasa mual dan muntah. 

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut, pertama para penderita sakit mag diharapkan tidak melewatkan sahur serta dapat berbuka puasa dengan tepat waktu.  

“Pertama, jangan sampai melewatkan waktu makan sahur dan berbuka ketika sudah sampai pada waktunya. Jadi usahakan berbuka puasa setepat waktu mungkin, supaya jangan sampai perut dalam kondisi kosong dalam waktu yang lama,” tutur dr. Isti Haryani 

Kedua, jangan makan secara terburu-buru, serta makan dengan porsi secukupnya saja. 

Ketiga, Dokter Isti menegaskan untuk tidak rebahan atau tidur-tiduran setelah makan, sebab perilaku tersebut akan memudahkan asam lambung naik ke atas dan mengakibakan keluhan nyeri atau rasa tidak nyaman. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved