Breaking News:

Diganti Rugi Rp 3,6 m, 6 Rumah di Perkampungan Sumedang Diratakan dengan Tanah Untuk Tol Cisumdawu

Pengadilan Negeri Sumedang eksekusi 6 rumah warga di Dusun Cijolang, Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedangg untuk tol Cisumdawu

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Kiki Andriana
Pengadilan Negeri (PN) Sumedang mengeksekusi rumah warga yang berada di Dusun Cijolang, Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupate Sumedang, Jawa Barat, Kamis (13/1/2022).    

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana.

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG -Pengadilan Negeri Sumedang eksekusi 6 rumah warga di Dusun Cijolang, Desa Margaluyu, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedangg untuk tol Cisumdawu.

Pantauan TribunJabar.id di lokasi, proses pembongkaran mendapat pengawalan ketat aparat gabungan dari  TNI, Polri, dan Satpol PP Sumedang.

Panitera Pengadilan Negeri Sumedang Suhaidi Agus mengatakan, sejumlah bidang yang dieksekusi merupakan lahan untuk kepentingan proyek Tol Cisumdawu.

Baca juga: Ridwan Kamil Tinjau Proyek Tol Cisumdawu Pakai Motor, Seksi 1 Siap Beroperasi Akhir Bulan Ini

"Total ada 6 bidang rumah yang dieksekusi, " kata Panitera PN Sumedang Suhaidi Agus saat ditemui TribunJabar.id di lokasi pembongkaran. 

Kemudian, kata dia, dana konsinyasi ganti rugi pembebasan lahan tersebut telah dititipkan di Pengadilan. Sehingga, tambah Suhaidi, secara otomatis lahan tersebut jadi milik negara, dan pemohon meminta untuk melakukan eksekusi pengosongan lahan yang uang ganti ruginya telah dititipkan di Pengadilan. 

"Alhamdulillah, eksekusi berjalan lancar, " katanya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lahan Tol Cisumdawu Parlin Hutasoit menyebutkan, eksekusi enam bidang rumah yang berada di seksi 1 Tol Cisumdawu berlangsung lancar. Meski seorang pemilik lahan yang bernama Sobana pada pekan lalu tidak menyepakati harga. 

Tetapi, lanjut Parlin, setelah diberikan penjelasan oleh semua pihak, akhirnya yang bersangkutan menyepakatinya. 

Baca juga: Ridwan Kamil: Juni 2022 Tol Cisumdawu Bisa Dipakai, Tak Ada Alasan Lagi Bandara Kertajati Sepi

"Semunya sudah memberikan pernyataan menerima, semuanya berlangsung kondusif. Tidak ada gejolak, bahkan yang 5 bidang tengah berproses dari BPN untuk pengambilan uang konsinyasi di Pengadilan, " ucapnya. 

"Luas tanah dari 6 bidang rumah ini 1440 meter, dengan nilai ganti rugi sebesar Rp 3.6 Miliar, " kata Parlin, menambahkan. 

Adapun lokasi rumah yang digusur itu berada di perkampungan dengan jarak ke kota Kecamatan Tanjungsari sekitar 5 km.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved