Breaking News:

Kasus Covid-19 Menurun, Objek Wisata di Bandung Barat Bakal Dibuka Saat Nataru? Ini Kata Sekda

Semua objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kemungkinan bakal tetap dibuka selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru)

Penulis: Hilman Kamaludin | Editor: Siti Fatimah
Tribun Jabar
Suasana di Lembang Park and Zoo Lembang, Kamis (14/10/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Semua objek wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kemungkinan bakal tetap dibuka selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), meskipun diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Seperti diketahui, penerapan kembali PSemuaPKM Level 3 itu sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 pada saat liburan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Asep Sodikin mengatakan, objek wisata itu akan tetap dibuka karena kasus Covid-19 di Bandung Barat saat ini sudah menurun, dan dalam Inmendagri terbaru soal PPKM Level 3 juga tidak tercantum soal penutupan objek wisata.

Baca juga: Obyek Wisata Alam di KBB Ditutup Selama Ada Potensi Cuaca Ekstrim

"Kalau PPKM Level 3 dulu, objek wisata ditutup karena kasus Covid-19 nya tinggi, kalau sekarang kan rendah. Jadi tidak ditutup, tapi dengan pengetatan, itu yang sedang kita atur," ujarnya di Padalarang, Minggu (28/11/2021).

Terkait pengetatan tersebut, kata Asep, jumlah pengunjung yang masuk ke objek wisata tetap dibatasi 50 persen untuk mencegah potensi terjadinya kerumunan selama libur Natal dan Tahun Baru nanti.

"Kita harapkan seperti itu (dibuka), karena kalau ditutup tidak sesuai dengan kasusnya (Covid-19) yang saat ini menurun," kata Asep.

Untuk saat ini pihaknya tengah menggarap surat edaran perihal pembukaan objek wisata di Bandung Barat saat akhir PPKM Level 3  nanti dan dalam waktu ini akan segera diedarkan kepada semua pengelola objek wisata.

Baca juga: Libur Nataru, Seluruh Obyek Wisata di Majalengka Ditutup, Akan Berlaku Penyekatan

"Iya (ada surat edaran), mudah-mudahan Senin atau Selasa sudah keluar," ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB, Heri Partomo mengatakan, Pemkab Bandung Barat dan pengelola berharap objek wisata tetap dibuka, meski ada penerapan PPKM Level 3 karena kondisi bisnis pariwisata saat ini mulai pulih setelah dihantam pandemi Covid-19.
 "Kunjungan wisatawan di Bandung Barat khususnya kawasan wisata Lembang kini mulai meningkat. Tapi, pengelola tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," kata Heri, belum lama ini.

Seperti diketahui, jika dalam kondisi normal, Lembang merupakan salah satu tempat favorit untuk menghabiskan liburan Natal dan Tahun Baru karena objek wisata, kafe, resto hingga penginapan dengan konsep alam selalu menjadi daya tarik pengunjung.

"Tapi kebijakannya dari pusat harus tutup ya apa boleh buat, kita harus bisa menyesuaikan itu," ucapnya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved