Breaking News:

Atlet Renang Jalani Pemeriksaan Gizi, Kemampuan Teknik dan Fisik Tidak Cukup, Nutrisi Juga Perlu

Sejumlah atlet renang jalani pemeriksaan gizi dan komposisi tubuh oleh Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran Unjani

Penulis: Cipta Permana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cipta Permana
Kegiatan Pengmas FK Unjani bagi para atlet renang Elite Swimming Club Bandung, di kolam renang Karang Setra, Kota Bandung, Sabtu (20/11/2021) / 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah atlet renang jalani pemeriksaan gizi dan komposisi tubuh oleh Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran Unjani dan Elite Swimming Club Bandung

Ketua pelaksana kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Unjani, Anastasia Yani Triningtyas, mengatakan, atlet renang dan atlet olahraga lainnya membutuhkan berbagai upaya yang harus dilakukan secara konsisten dan sungguh-sungguh untuk memeroleh hasil yang maksimal.

Menurutnya, atlet renang dan atlet olahraga lainya tidak hanya butuh dukungan kemampuan teknik, latihan fisik, dan dukungan sarana dan prasarana, tapi juga dukungan gizi yang baik.

Baca juga: Hasil Uji Emisi Kendaraan Bermotor di Cimahi Akan Jadi Syarat Perpanjangan STNK

"Sebab, nutrisi tubuh merupakan faktor penting untuk mencapai kinerja hebat yang perlu dipersiapkan selama pelatihan," ujarnya di sela kegiatan Pengemas di kolam renang Karang Setra Bandung, Sabtu (20/11/2021).

Anastasia menjelaskan, kegiatan tersebut diawali dengan pemeriksaan antropometri yakni tinggi badan dan berat badan, serta diikuti pemeriksaan komposisi tubuh.  Selanjutnya, para atlet diberikan konsultasi dan edukasi tentang status gizi dan nutrisi yang tepat. 

"Kegiatan ini disambut dengan baik oleh atlet, pelatih, maupun orang tua atlet. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan yang dirasakan sangat besar manfaatnya serta mengharapkan kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan," ucapnya.

Baca juga: Cerita Merpati Harga Miliaran, Jaguar Dijual Rp 1,5 M, Rampok Rp 2 M, Pemilik Sempat Tak Bisa Tidur

Apalagi, lanjutnya melalui skrining ini dapat diketahui ada tidaknya gangguan status gizi atlet, sehingga apabila ditemukan gangguan, maka dapat diupayakan perbaikan segera.

Selain itu pemeriksaan ini dapat menjadi evaluasi bagi atlet, pelatih, orang tua agar dapat mencapai status gizi yang optimal bagi peningkatan prestasi renang.

"Dukungan seperti ini sebetulnya menjadi hal yang cukup penting bagi para olahragawan, terutama bagi atlet muda," kata dia.

Pasalnya, atlet muda perlu dapat asupan nutrisi yang terbaik untuk mempertahankan tingkat kesehatan dan mengoptimalkan kinerja.

"Sehingga dapat maksimal dalam menjalani program pelatihan intensitas tinggi dan kompetisi yang ketat," katanya

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved