Breaking News:

Efektivitas Vaksin Covid-19 pada Anak Jauh Lebih Tinggi dari Orang Dewasa Efek Sampingnya Juga Kecil

Pasalnya, setelah melalui riset dan penelitian, ternyata efektivitas vaksinasi Covid-19 pada anak jauh lebih tinggi daripada orang dewasa.

Editor: Ravianto
TRIBUNJABAR.ID/LUTFI AHMAD MAULUDIN
Perawat tengah menyiapkan suntikan vaksin Covid-19 saat digelar vaksinasi massal bagi warga di Dreamland Cicalengka, Rabu (28/7/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Piprim Basarah Yanuarso, menyambut baik keputusan pemerintah telah memberikan izin vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun.

Pasalnya, setelah melalui riset dan penelitian, ternyata efektivitas vaksinasi Covid-19 pada anak jauh lebih tinggi daripada orang dewasa.

Bahkan efek samping yang ditimbulkan dari vaksinasi ini juga jauh lebih ringan bila dibandingkan efek samping yang dirasakan orang dewasa.

Hal ini tentu membuat para orang tua merasa tenang dan tidak khawatir untuk memberikan vaksinasi pada anaknya.

Informasi tersebut disampaikan oleh dr Piprim dalam bincang kesehatan 'Vaksin Anak, Sayangi Keluarga' yang dilakukan secara daring melalui Kompas TV, Senin (8/11/2021).

"Kami dari Ikatan Dokter Anak Indonesia menyambut baik atas keluarnya keputusan (pemerintah dalam) memperluas usia vaksinasi, dari yang tadinya remaja 12-17 tahun kini menjadi 6 sampai 11 tahun."

"Insyaallah vaksinasi komplit ini, aman. Bahkan di beberapa studi itu efek sampingnya jauh lebih ringan daripada orang dewasa. Pada anak-anak, efektivitas (vaksinasinnya) juga lebih tinggi daripada orang dewasa," kata dr Piprim.

Khusus Anak yang Miliki Komorbid

Menurut dr Piprim, anak yang memiliki tubuh sehat tanpa adanya komorbid pada dasarnya diperbolehkan mengikuti vaksinasi.

Namun, jika memiliki penyakit bawaan, misalnya seperti penyakit jantung bawaan, maka sangat dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak yang biasa merawatnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved