Breaking News:

Alami Batu Ginjal? Atasi dengan Bahan-bahan Alami Berikut Ini, Mudah Didapat dan Efektif

Penyebab umum munculnya penyakit batu ginjal adalah kekurangan air dalam tubuh, produksi asam yang berlebihan dalam urin, infeksi saluran kemih

Editor: Siti Fatimah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi batu ginjal 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kita kerap mendengar istilah batu ginjal, namun sebenarnya apa sih batu ginjal? Dikutip dari Halodoc, batu ginjal atau yang juga dengan istilah nefrolitiasis adalah kondisi saat material keras menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal.

Material ini terbentuk dari sisa zat di dalam darah yang disaring oleh ginjal lalu mengendap dan mengkristal seiring berjalannya waktu. Pada sebagian besar kasus, pengidap batu ginjal biasanya berusia 30–60 tahun.

Diperkirakan 15 persen wanita dan 10 persen pria pernah mengalami kondisi ini selama hidup mereka.

Baca juga: Selalu Tersedia di Dapur, Daun Ini Bisa Bantu Atasi Batu Ginjal, Begini Cara Mengolahnya

Batu ginjal seringkali tidak memiliki penyebab tunggal yang pasti, meskipun beberapa faktor dapat meningkatkan risiko. Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat daripada cairan.

Pada saat yang sama, urine mungkin kekurangan zat yang mencegah kristal saling menempel, menciptakan lingkungan yang ideal untuk pembentukan batu ginjal.

Dikutip dari Kontan.Id, batu ginjal muncul karena disebabkan banyak faktor salah satunya infeksi saluran kemih. Berikut bahan alami yang efektif mengobati batu ginjal. 

Ginjal, salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia.

Ginjal berperan untuk membantu detoksifikasi dan menyaring kotoran dari darah, mengeluarkan limbah, serta mengatur keseimbangan cairan tubuh. 

Baca juga: Baik untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Herbal Batu Ginjal, Ini Manfaat Lain Dari Kacang Panjang

Mengutip dari Food NDTV, saat ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dan limbah metabolisme maka akan penyebabkan batu ginjal. 

Penyebab batu ginjal 

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved