Breaking News:

Selalu Tersedia di Dapur, Daun Ini Bisa Bantu Atasi Batu Ginjal, Begini Cara Mengolahnya

Manfaat kesehatan daun salam tak main-main, meski selama ini daun salam hanya dikenal sebagai pengharum sajian di dalam dapur saja.

Editor: Siti Fatimah
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi batu ginjal 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal

Dikutip dari alodokter, batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih membawa urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, serta uretra (saluran kemih yang membawa urine ke luar tubuh).

Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Contoh zat kimia yang dapat membentuk batu ginjal adalah kalsium dan asam oksalat.

Baca juga: Tak Hanya Sedapkan Makanan, Ini 4 Khasiat Luar Biasa Daun Salam, Tak Boleh Terlewat

Seiring waktu, materi tersebut semakin keras dan menyerupai bentuk batu.

Untuk mengatasi batu ginjal, selain harus tetap memeriksakan diri ke dokter, bisa coba juga mencoba cara alami dengan memanfaatkan salah satu bumbu dapur, yakni daun salam.

Manfaat kesehatan daun salam tak main-main, meski selama ini daun salam hanya dikenal sebagai pengharum sajian di dalam dapur saja.

daun salam
daun salam (boldsky)

Daun salam adalah daun aromatik yang kegunaan pada umumnya untuk memberikan aroma sedap pada masakan. 

Digunakan dalam bentuk basah maupun kering, daun salam juga biasa digunakan untuk menghalau amis dari bahan makanan seperti daging dan ikan-ikanan.

Baca juga: Selain Vitamin A, C, dan B6, Ini Manfaat Lain Daun Salam yang Sering Ada di Setiap Masakan

Daun dari tanaman bernama latin Laurus nobilis ini selain bisa dimanfaatkan di ruang dapur, ternyata juga menyimpan manfaat kesehatan tak main-main.

Berbagai studi menemukan bahwa daun salam memiliki efek diuretik dan memicu keluarnya keringat.

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved