PPKM Diperpanjang, Jawa Barat Ikuti Aturan Pusat, Ada Kelonggaran Baru untuk Bioskop dan Lomba Ini

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengikuti arahan pemerintah pusat mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

TRIBUNJABAR.ID/PUTRI PUSPITA
Suasana bioskop CGV 23 Paskal yang mulai buka, Kamis (16/9/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Ketua Divisi Komunikasi Publik, Perubahan Perilaku, dan Penegakan Aturan, Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Ade Afriandi, mengatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengikuti arahan pemerintah pusat mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang selama 14 hari hingga 18 Oktober 2021.

"Tindak lanjut evaluasi pemerintah pasti akan ditindaklanjuti kebijakan Pemprov Jabar yang akan disampaikan Pak Gubernur melalui Pak Sekda selaku Ketua Harian Komite Kebijakan," katanya melalui ponsel, Senin (4/10).

Seperti diketahui, semua kabupaten dan kota di Jabar masih berada di PPKM Level 2 dan Level 3, tidak ada yang masuk level 4.

Baca juga: Pusat Kebugaran di Bandung Raya Boleh Dibuka Selama Perpanjangan Masa PPKM, Ini Aturannya

Seperti dikabarkan Sekretafiat Kabinet RI melalui websitenya, seiring dengan membaiknya situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air, jumlah daerah yang menerapkan PPKM Level 4 terus mengalami penurunan.

Pada periode 5 hingga 18 Oktober 2021, tersisa enam kabupaten/kota yang berada di level tersebut. 

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers usai Rapat Terbatas mengenai Evaluasi PPKM, Senin (04/10/2021) secara virtual. 

“Perpanjangan PPKM luar Jawa-Bali diusulkan untuk dua minggu ke depan, yaitu tanggal 5 sampai dengan 18 Oktober dengan cakupan Level 4 adalah enam kabupaten/kota, sebelumnya adalah 10 kabupaten/kota,” ujar Airlangga. 

Adapun keenam wilayah tersebut adalah Kabupaten Pidie di Aceh, Kabupaten Bangka di Kepulauan Bangka Belitung, Kota Padang di Sumatra Barat, Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan, serta Kabupaten Bulungan dan Kota Tarakan di Kalimantan Utara.

Selanjutnya, PPKM Level 3 akan diterapkan di 44 kab/kota, menurun dari jumlah sebelumnya sebanyak 108 wilayah. Kemudian daerah PPKM Level 2 mengalami peningkatan dari sebelumnya 249 daerah menjadi 292 kab/kota.

Baca juga: Masa PPKM di Luar Jawa Kembali Diperpanjang Dua Pekan

Begitu juga dengan daerah PPKM Level 1 yang meningkat dari 18 daerah menjadi 44 kab/kota. 

Pada kesempatan tersebut, Menko Perekonomian juga mengungkapkan bahwa asesmen situasi pandemi yang dilakukan secara mingguan juga menunjukkan adanya perbaikan situasi pandemi yang signifikan dari minggu ke minggu.

Sudah tidak ada provinsi yang berada di asesmen level 4, sedangkan 4 provinsi berada di level 3, 22 provinsi di level 2, dan 1 provinsi di level 1.

Terkait pengaturan pembatasan kegiatan masyarakat, Airlangga menegaskan bahwa ketentuannya masih sama dengan periode PPKM sebelumnya yaitu 21 September hingga 4 Oktober 2021. 

“Jenis pembatasan kegiatan masyarakat di periode 5 sampai dengan 18 Oktober tetap sama dengan PPKM periode sebelumnya, dengan pengendalian pembelajaran tatap muka, sesuai dengan SKB Kemendikbudristek dan K/L terkait,” tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved