Breaking News:

Ubah Sampah Jadi Berkah, Gerakan Sedekah untuk Beli Ambulans Gagasan Pemuda Cimanggung Sumedang

Sampah yang disedekahkan ke SSTB beragam jenisnya. Mulai dari kardus bekas, dispenser rusak, kaleng-kaleng, barang-barang berbahan plastik, dan lainny

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Pemuda di Cimanggung Sumedang membuat gerakan Sedekah Sampah Tanpa Batas (SSTB). Menjemput sampah dari rumah-rumah warga dan menjualnya untuk membeli ambulans. 

Laporan Kontributor TribunJabar. Id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - "Dibuang, sayang" adalah ungkapan yang cocok untuk menggambarkan keengganan kita membuang barang-barang bekas.

Barang bekas yang bernilai sampah itu akhirnya menumpuk di atas lemari atau di gudang di belakang rumah. Membuat kondisi rumah semakin sumpek.

Di tangan orang-orang muda di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, barang-barang sampah itu bisa menjadi media untuk bersedekah.

Baca juga: Sedekah Oksigen Warga Palasari Sekaligus Beri Edukasi Pemakaian, Akan Terus Ada Meski Pandemi Usai

Orang-orang muda ini menamakan gerakan sedekah sampah itu dengan Sedekah Sampah Tanpa Batas (SSTB). Tujuannya, meringankan orang yang mau bersedekah.

"Kadang kala orang mau sedekah tapi berat kalau dengan uang, atau malah sedang tak punya uang. Ya kami sediakan lahan sedekah dengan sampah," kata Deki Ismailudin, Koordinator SSTB saat dijumpai TribunJabar.id, Minggu (26/9/2021).

Sampah yang disedekahkan ke SSTB beragam jenisnya. Mulai dari kardus bekas, dispenser rusak, kaleng-kaleng, barang-barang berbahan plastik, karung bekas, besi, alumunium, dan lain sebagainya.

Orang yang bersedekah sampah tidak perlu datang menghampiri sekretariat SSTB, namun cukup dengan mengirin pesan WhatsApp kepada admin SSTB. Tak lama, tim penjemput sedekah sampah datang ke rumah orang tersebut.

"Tidak tercakup untuk satu desa, yang penting masih terjangkau dengan kendaraan roda dua, sampah akan dijemput," kata Deki.

Baca juga: Permudah Zakat Infaq Sedekah Lewat Digital Untuk Pulihkan Jabar, Baznas Gandeng BJB dan Grab

SSTB digagas karena potensi melimpah sumber daya manusia (SDM) para relawan bencana di Cimanggung yang bernaung di bawah organisasi Gerakan Muda Peduli Alam (Gempa), yakni Gempa Volunteer.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved