Breaking News:

Permudah Zakat Infaq Sedekah Lewat Digital Untuk Pulihkan Jabar, Baznas Gandeng BJB dan Grab

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar menggandeng Bank BJB dan Grab meluncurkan program Jabar Udunan untuk Jabar pulih

Tribun Jabar/Muhammad Nandri
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar menggandeng Bank BJB dan Grab meluncurkan program Jabar Udunan untuk Jabar pulih, Jumat (30/7/2021) di Bank BJB, Jalan Naripan, Kota Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar menggandeng Bank BJB dan Grab meluncurkan program Jabar Udunan untuk Jabar pulih, Jumat (30/7/2021) di Bank BJB, Jalan Naripan, Kota Bandung. Peluncuran program dilakukan secara virtual, diresmikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil menyampaikan, kebaikan di masa pandemi ini, seperti infaq dan sodaqoh bisa dengan digitalisasi. Dia mengapresiasi langkah Baznas Jabar yang dengan cepat menggandeng Bank BJB juga Grab untuk mengimplementasikannya.

"Berbuat baik itu substansinya tetap tapi caranya yang berbeda. Dulu berbuat baik harus dengan tatap muka tapi sekarang bisa lewat digital. Hidup yang indah itu dengan berkolaborasi. Dan dengan semangat sabilulungan (gotong royong) saya yakin Jabar bisa bangkit dan semakin membaik karena kita tak tahu Covid-19 kapan berakhir," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: Pembagian Sembako dari Baznas Awali Penyaluran Bansos di Sumedang

Pimpinan Baznas Jabar, Rachmat Ari Kusumanto menjelaskan Jabar Udunan merupakan upaya mengajak warga Jabar untuk berkontribusi dalam pemulihan.

"Hari ini kami diminta lagi yakni dengan meluncurkan Jabar Udunan untuk dijalankan. Kami jalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti Grab dan Bank BJB. Bakal ada 1000 mitra Grab yang akan diberikan stiker name tag dan stiker infaq yang dibuat oleh BJB dengan QRIS," katanya.

Rachmat juga menyebut para mitra Grab akan diberikan dana operasional dan khusus yang duafa usia tertentu diberikan zakat seperti pada Ramadan lalu.

Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan Bank BJB, Isa Anwari mengaku pihaknya sangat beruntung dapat memberikan kontribusi sesuai amanat Gubernur Jabar soal kolaborasi dengan niat yang tulus.

"Kami punya layanan untuk memudahkan warga dalam bersedekah dan infaq lewat QRIS yang enggak dikenakan biaya. Dan ini open source semua layanan emoney tak harus QRIS BJB," ujarnya.

Mekanismenya, warga atau penumpang hanya perlu scan pada name tag atau stiker yang ada di mitra Grab, sehingga memudahkan mereka dalam bersedekah dan berbuat baik.

"Kami juga akan berikan award bagi mitra Grab yang paling banyak mengumpulkan sedekah dari para penumpang agar para mitra Grab semangat," ucapnya.

Baca juga: Triwulan II 2021, Laba bank bjb Tumbuh 14,4%

Kesempatan sama, Manager West Java Area Grab, Ade Ihsan Manan menyebut kolaborasi bersama Baznas dan BJB sebagai bentuk komitmen mereka pada kesuksesan yang dilakukan pemerintah. Para driver Grab, katanya, akan menjadi agen dalam mengumpulkan sedekah, infaq, dan zakat, sehingga dia merasa kerjasama ini saling aktif.

"Ada 1000 mitra Grab untuk tiga bulan awal. Jika hasilnya bagus maka akan ditambah jumlah mitra Grabnya. Kami memilih mitra Grab yang aktif setiap harinya di wilayah Jabar (Bandung) dan kota lainnya. Kami enggak akan pilih mereka yang tidak aktif sebab akan mempengaruhi dalam pengumpulan infaq," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved