RS UKM Bandung Sediakan Plasma Konvalasen untuk Pasien Covid-19, Banyak Penyintas yang Donor Plasma

RS Unggul Karsa Medika (UKM) di Taman Kopo Indah Kabupaten Bandung bisa jadi rujukan pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma konvalesen. 

Penulis: Cipta Permana | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Cipta
Direktur Utama RS. UKM, dr. Theresia Monica Rahardjo (tengah) bersama Kepala Pelayanan Medik RS UKM, dr. Christian (kanan) dan Kepala Laboratorium RS. UKM, Hendra Subroto 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- RS Unggul Karsa Medika (UKM) di Taman Kopo Indah Kabupaten Bandung bisa jadi rujukan pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma konvalesen

Direktur RS UKM, dr Theresia Monica Rahardjo memastikan pihaknya menyediakan plasma konvalasen untuk pasien Covid-19 yang dirawat di tempatnya.

"Setiap pasien covid-19 yang datang ke RS UKM, sudah dipastikan akan di proses untuk mendapatkan plasma konvalesen sebelum kurun waktu 24 jam sejak awal masuk IGD," kata dr Theresia Monica Rahardjo ditemui di RS UKM, Taman Kopo Indah, Senin (16/8/2021).

Pernyatannya wajar jika menimbulkan pertanyaan kenapa bisa menjamin ketersediaan plasma konvalasen sedangkan di luaran masih banyak warga yang kesulitan plasma konvalasen.

"Mungkin banyak yang bertanya, kenapa kami bisa menjamin setiap pasien covid-19 yang di rawat di sini bisa mendapatkan plasma Konvalesen, sedangkan antrian plasma sangat panjang di PMI. Karena kami menjalin kerjasama dengan PMI, tapi juga kami memproses ketersediaan plasma konvalesen secara mandiri, dengan meminta para penyintas Covid-19 setelah dirawat di sini untuk menjadi pendonor. Plasma Konvalesen yang kami produksi pun untuk memenuhi kebutuhan PMI," ujar dia.

Baca juga: Mengenal Terapi Plasma Konvalasen, Disebut Bisa Cepat Pulihkan Pasien Covid-19, Ini Syaratnya

Kepala Laboratorium RS. UKM, Hendra Subroto menambahkan, masa terbaik pemberian plasma konvalesen adalah pekan pertama saat pasien mengalami gejala demam.

"Karena pada saat demam, virus SARS-Cov-2 sedang bereplikasi sehingga momentum itulah seharusnya plasma konvalesen diberikan kepada pasien covid-19," katanya.

Hendra menuturkan, hingga saat ini, RS UKM menjadi rumah sakit pertama dan satu-satunya di Jabar yang mampu memproduksi plasma konvalesen secara mandiri. Serta untuk memenuhi kebutuhan tingginya permintaan masyarakat akan Plasma Konvalesen sebagai terapi penyembuhan Covid-19.

"Dengan langkah tersebut, di saat virus SARS-Cov-2 sedang bereplikasi dan Plasma Konvalesen itu masuk pada tubuh pasien, maka virus itu hilang, tidak perlu menunggu sampai pasien mengalami sesak nafas, sehingga peluang tingkat kesembuhannya menjadi lebih tinggi," katanya di lokasi yang sama. (Cipta Permana).

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved