Breaking News:

Cara Membuat Daging Sapi jadi Empuk lalu Diolah Jadi Sate Maranggi dan Rendang di Momen Idul Adha

Supaya daging empuk, bahan yang bisa digunakan yakni baking soda yang dikenal bisa menetralkan asam dan meningkatkan pH atau kelembaban di permukaan

Editor: Mega Nugraha
TRIBUN JABAR/SYARIF ABDUSSALAM
Euis memotong daging sapi yang dijualnya di kiosnya di Pasar Guntur, Garut Senin (15/7/2013). Di Pasar Induk ini harga daging sapi yang sempat melonjak sampai Rp 100 ribu per kilogram pada awal Ramadan, turun menjadi Rp 85 ribu per kilogram, enam hari kemudian. 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- Di momen Idul Adha, biasanya, stok daging sapi dan daging kambing begitu melimpah. Tradisi masyarakat Indonesia, daging pemberian langsung diolah jadi berbagai macam olahan.

Dari mulai olahan sate, rendang gingga gule. Sebelum mengolah daging kurban, baiknya simak dulu cara membuat agar daging bisa empuk saat dikonsumsi.

Supaya daging empuk, bahan yang bisa digunakan yakni baking soda yang dikenal bisa menetralkan asam dan meningkatkan pH atau kelembaban di permukaan daging sapi.

Baca juga: Hari Ini 327 WNI Ibadah Haji di Tanah Suci, Diberi Smart Card Terpantau Badan Intejelen

Jika bagian luar atau permukaan daging sapi sudah basa setelah diberi baking soda, daging bakal empuk da tidak menyusut.

I Made Wisnu Adiyatma, Chef Renasssance Bali Uluwatu Resort and Spa, Bali, menyebut, penggunaan baking soda bersama daging sapi untuk memecah serat daging.

"Pada dasarnya di dalam daging, khususnya daging sapi, sudah lapisan lemak dalam daging yang menentukan kelembutan si daging itu sendiri atau disebut juga marbling," tutur Wisnu, dikutip dari Kompas.com, Selasa (20/7/2021).

Sejauh mana penggunaan baking soda untuk melembutkan daging sapi, kata I Made Wisnu, tergantung dari tekstur daging. Semakin alot, semakin banyak butuh baking soda.

Baca juga: Cara Unik Pemuda Bandung Protes PPKM Darurat Diperpanjang; Tak Usah Diet, PPKM Bikin Turun Kiloan

Namun, rata-rata penggunaan baking soda untuk membuat 1 kg daging sapi sebanyak 15 gram. Bisa dilakukan dengan dua cara.

Baking soda ditaburkan ke bagian luar daging sapi yang sudah dibersihkan dan didiamkan selama 30 menit. Selain itu, baking soda juga bisa dilarutkan terlebih dahulu dalam air.

Kemudian, masukan daging sapi dan rendam selama beberapa saat. Jika daging sapi sudah selesai dibaluri atau direndam baking soda, kamu bisa melanjutkan pengolahan daging sapi sesuai kebutuhan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved