Breaking News:

Tabung Selam Bisa Digunakan untuk Tabung Oksigen? Ini Penjelasan dari Divers Alert Network Indonesia

Kelangkaan tabung oksigen sempat menuai masukan dari beberapa masyarakat berkaitan penggunaan tabung selam bisa dimanfaatkan untuk tabung oksigen

Editor: Siti Fatimah
Dok. Lulis Delawati/Dinkes Kota Sukabumi
ilustrasi Tabung oksigen 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kasus Covid-19 di Indonesia belum menunjukan angka penurunan, bahkan saat PPKM darurat, kasus baru juga masih terus bertambah. Belum lagi sempat muncul kendala kebutuhan tabung oksigen.

Dikutip dari laman resmi IPB, peningkatan kasus COVID-19 diiringi dengan meningkatnya kebutuhan fasilitas kesehatan (faskes) yang dapat menunjang pelayanan dan pengobaan pasien.

Salah satu faskes yang dibutuhkan adalah tabung oksigen yang dapat digunakan untuk menjaga saturasi oksigen pasien COVID-19.

Baca juga: Empat Cara Klasik Ini Bisa Bantu Meningkatkan Saturasi Oksigen Agar Tetap Stabil

Kebutuhannya yang meningkat, membuat beberapa rumah sakit mengalami kelangkaan.

Kelangkaan ini kemudian menuai masukan dari beberapa masyarakat berkaitan penggunaan tabung selam yang biasa digunakan oleh penyelam.

Dr Beginer Subhan, Dosen IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) dalam instagramnya membuat diskusi dengan tajuk “Bisakah Tabung Selam jadi Tabung Oksigen?”, (13/7).

Diskusi ini mengundang Bayu Wardoyo dari Divers Alert Network (DAN) Indonesia serta Rizya Ardiwijaya dari Scuba School Internasional (SSI) Instructor.

Rizya Ardiwijaya yang juga sebagai salah satu instruktur penyelam IPB University mengungkapkan, tabung selam itu ada yang 12 liter dan bahannya menggunakan aluminium

Baca juga: Memahami Oximeter Alat Pantau Kadar Oksigen Saat Isoman, Pastikan Dulu Kondisi Anda Seperti Ini

"Tidak semudah itu tabung selam dikonversi menjadi tabung oksigen. Ada proses pembersihan dan penggantian,” ujarnya.

Bayu Wardoyo kemudian melengkapi dengan menjelaskan bahwa tabung selam memiliki dua jenis bahan yakni aluminium dan baja.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved