Breaking News:

Manfaat Tanaman Hias Ini Bisa untuk Obati Jerawat, Sakit Gigi hingga Bisul

tanaman cocor bebak dikenal sebagai tanaman hias di rumah. Namun ternyata, mantaat cocor bebek juga tak kalah lebih bak dibanding sebagai tanaman hias

Penulis: Andri M Dani | Editor: Mega Nugraha
Tribun Jabar / Andri M Dani
anaman berkhasiat obat, dapat mengatasi berbagai persoalan kesehatan secara murah dan mudah. Salah satunya memanfaatkan daun cocor bebek untuk obat luka, jerawat dan bisul (foto/tribunjabar/andri m dani) 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Selama ini, tanaman cocor bebek dikenal sebagai tanaman hias di rumah. Namun ternyata, manfaat tanaman hias ini bisa juga jadi obat untuk sejumlah penyakit tertentu yang bersifat luka luar seperti luka karena jatuh hingga menangani jerawat. 

Berikut manfaat tanaman hias cocor bebek bagi pengobatan:

Obat Luka

Di balik hijaunya tanaman hias cocor bebek, ternyata tersimpan banyak khasiat untuk obat tanaman herbal. Di antaranya, manfaat cocok bebek untuk obat luka.

Baca juga: Manfaat Bayam Brazil, Cegah Gangguan Jantung Hingga Untuk Daya Tahan Tubuh, Disayur Bening juga Enak

Seperti yang diungkapkan Ir Lili Supriatna (55). Guru mata pelajaran teknik produksi hortikultura (TPH) di SMKN 1 Cipaku Ciamis (SMK rumpun pertanian), beberapa tahun lalu mengalami luka di tangan kirinya karena terjatuh di kolam.

“Luka ada sepanjang 10 cm. Kalau berobat ke dokter atau ke rumah sakit mungkin saja dikaput (dijahit). Tapi saya hanya pakai daun cocor bebek saja. Alhamdulillah dalam seminggu luka sudah kering, dan sembuh,” ujar Lili Supriatna kepada Tribun Jumat (9/7) lalu.

Beberapa lembar daun cocor bebek digerus atau ditumbuk sampai halus dan ditambah sedikit air. Kemudian adonan daun cocor bebek yang sudah halus setelah ditumbuk tersebut dibalurkan  bagian yang luka.

“Kalau sudah kering, diganti dengan baluran yang baru. Begitu setiap hari saya lakukan selama semingu. Hasilnya, alhamduliah lukanya sembuh,” katanya sembari memperlihatkan tangan kirinya yang menyisakan bekas luka gara-gara jatuh di kolam tersebut.

Dari beberapa literatur online bisa ditelusuri, tanaman itu bisa digunakan sebagai obat luka. Karena daun cocor bebek mengandung zat anti inflamasi dan anti bakteri (antiseptik).  Kandungan yang bisa bermafaat untuk menyembuhkan luka.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved