Breaking News:

Deklarasi Pembentukan Struktur Pengurus Partai Ummat Kota Bandung Akan Dilakukan Sebelum Lebaran

Proses pembentukan seluruh struktur kepengurusan Partai Ummat di Jawa Barat ditargetkan rampung pada bulan Mei ini.

Kompas.com
Amien Rais deklarasikan Partai Ummat. Kepengurusan Partai Ummat akan terbentuk di 23 kabupaten dan kota di Jawa Barat. Setelah terbentuk daftar ke Kemenkumham. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Geliat pembentukan Partai Ummat di Jawa Barat kian masif dengan bergabungnya sejumlah kader partai dan tokoh dari berbagai organisasi Islam.

Bahkan pembentukan struktur kepengurusan partai di tingkat DPW, DPD kabupaten/kota, dan DPC di tingkat kecamatan pun terus dilakukan, guna melengkapi komposisi syarat pendirian partai politik.

Salah seorang PIC Tim Persiapan Pendirian Partai Ummat (TP3U) Kota Bandung, Entoh Wahyu mengatakan, proses pembentukan seluruh struktur kepengurusan Partai Ummat di Jawa Barat ditargetkan rampung pada bulan Mei ini.

Terlebih DPP Partai Ummat dengan menunjuk tiga orang sebagai PIC TP3U Jawa Barat, dan enam orang PIC TP3U Kota Bandung, yang berasal dari berbagai kalangan.

Dengan demikian, maka agenda pembentukan kepengurusan akan dilakukan sebelum hari raya Idulfitri.

"Rencananya hari ini kami akan melaporkan hasil rapat kami kemarin ke PIC Jawa Barat. Apabila ada lampu hijau dari PIC Jawa Barat, kami akan segera melakukan deklarasi pembetukan DPD Kota Bandung. Kalau lokasinya dimana, kemungkinan masih di Kota Bandung, tapi waktunya InsyaAllah sebelum hari raya Idulfitri. Hal lainnya yang akan di bahas nanti adalah rencana launching DPC Partai Ummat se-Kota Bandung," ujarnya kepada Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Selasa (4/5/2021).

Entoh pun menuturkan, sebagaimana arahan DPP Partai Ummat, bahwa pengusulan nama calon pengurus struktur DPD Kota Bandung paling lambat tanggal 4 Mei dan calon pengurus DPC di 30 kecamatan se-Kota Bandung pada 8 Mei 2021, maka pihaknya saat ini telah mengantongi nama-nama calon tersebut disahkan oleh DPW atau DPP.

Baca juga: Pendirian Partai Ummat di Majalengka, Mantan Pengurus PAN Ditunjuk Masuk Tim

Disamping nama-nama calon pengurus, pihaknya pun telah memiliki beberapa opsi penentuan lokasi sekretariat dari DPD Kota Bandung, namun hal tersebut, masih menunggu persetujuan dan arahan dari DPW.

"Saat ini kurang lebih telah ada 15 orang pengurus DPW Jawa Barat yang telah terbentuk dan dideklarasikan kemarin, selanjutnya tinggal kami, yang jumlahnya kurang lebih 15-20 nama dengan berbagai latar belakang sebelumnya. Selain itu, berdasarkan informasi yang saya terima bahwa posisi ketua pengurus atau deklarator ini akan diberikan SK (surat keputusan) langsung oleh DPP, jadi apakah nanti DPD dulu atau serentak dengan DPC se-Kota Bandung agar lebih semarak atau berbeda waktunya, kami masih menunggu keputusan lanjutan dari DPP dan DPW" ucapnya.

Disinggung, terkait keenam nama PIC TP3U Kota Bandung termasuk dalam jajaran kepengurusan DPD Partai Ummat Kota Bandung, Entoh tidak menampik adanya kemungkinan hal tersebut, akan tetapi menurutnya hal tersebut dikembalikan kepada keputusan pribadi masing-masing PIC TP3U Kota Bandung.

Sebab, lanjutnya, penunjukan PIC TP3U Kota Bandung pun bukan atas pencalonan diri masing-masing, melainkan amanah atau kepercayaan dan komitmen yang diberikan oleh ketiga PIC TP3U Jawa Barat.

"Jadi terlepas keenam nama ini (PIC TP3U Kota Bandung) akan masuk dalam jajaran kepengurusan DPD Partai Ummat Kota Bandung nanti, hal ini tergantung pilihan pribadi masing-masing, namun bila kita berkalkulasi bila keenam nama ini ingin masuk dalam stuktur alat kelengkapan partai pun dapat dimungkinkan. Namun prinsipnya masuk ataupun tidak, kami tetap sami'na wa'athona saja berkomitmen untuk tetap mengawal partai ini dengan baik," katanya.

Baca juga: Ketua DPW PAN Jabar Pastikan Belum Ada Anggotanya yang Membelot ke Partai Ummat

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Jabar, bahwa PIC TP3U Kota Bandung saat ini di percayakan pada enam nama, yaitu Dadang Umbaran, S.Th.I; Entoh Wahyu, S.Pd.I; Irawan Joedo; Mamat Priatno, SE; Drs. Musa Muhammad, M.E.Sy; dan Rudi Dunia Wuwuh.

Dari keenam nama tersebut, empat orang diantaranya berlatar belakang pengurus dan aktivis Muhammadiyah, sedangkan dua lainnya dari kalangan pengusaha. Dimana keenam nama ini diharapkan mampu mengantarkan terbentuknya kepengurusan DPD Partai Ummat Kota Bandung.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved