Breaking News:

Anda Penderita Diabetes? Ini Siasat Makan Enak dan Gula Darah Terjaga

Mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau ketupat dapat menaikkan gula darah dengan cepat ketimbang karbohidrat kompleks.

medicalstutering
Illustrasi. Ada beberapa siasat agar kamu masih bisa makan enak saat hari raya Lebaran dan gula darah tetap terkendali. 

TRIBUNJABAR.ID – Bagi diabetesi atau penderita diabetes hari raya Lebaran tak sekadar jadi suka cita, melainkan juga tantangan.

Pasalnya, diabetesi harus membatasi asupan makanan khas Lebaran yang cenderung mengandung karbohidrat sederhana, tinggi gula, dan tinggi lemak trans, yang dapat membuat gula darah rentan melonjak.

Jika tidak bijak menahan konsumsinya, kadar gula darah bisa naik melebihi batas normal atau hiperglikemia. Gejala yang timbul juga tak menyenangkan, seperti mudah lelah, pandangan kabur, sering buang air kecil, sakit kepala, hingga luka sulit sembuh.

Namun, jangan panik! Ada beberapa siasat agar kamu masih bisa makan enak saat hari raya Lebaran dan gula darah tetap terkendali.

Memilih karbohidrat kompleks

Mengonsumsi karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau ketupat dapat menaikkan gula darah dengan cepat ketimbang karbohidrat kompleks.

Menurut Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, karbohidrat kompleks sifatnya lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga membuat karbohidrat kompleks dapat mencegah kenaikan gula darah secara cepat.

dr Adeline juga menjelaskan, karbohidrat kompleks memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat menahan Anda untuk melahap menu Lebaran lain dengan berlebihan.

Jadi, demi kesehatan, sebaiknya kurangi konsumsi nasi putih dan ketupat, ganti dengan sumber karbohidrat kompleks yang lebih sehat, antara lain kentang, nasi merah, kacang polong, dan jagung.

Mengurangi asupan lemak tinggi

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved